Bupati Klaten Desak Pemprov Jateng Perihal Perbaikan Jalan Lingkar Rowo Jombor

2 Februari 2023 14:30 WIB
Illustrasi jalan rusak Rowo Jombor
Illustrasi jalan rusak Rowo Jombor ( )

Klaten, Sonora.ID - Warga desa di Kabupaten Klaten mengeluhkan masalah kerusakan jalan lingkar di Waduk Rowo Jombor.

Mendengar keluhan tersebut, Bupati Klaten Sri Mulyani menanggapi hal itu, dirinya mengatakan jika pihaknya akan melakukan koordinasi untuk memperbaiki jalan lingkar di Waduk Rowo Jombor.

Jalur lingkar tersebut berada tepat di sisi utara Rowo Jombor di Dukuh Tanjungsari, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.

Sri Mulyani menegaskan akan ada koordinasi dengan pemerintah provinsi agar jalan tersebut segera diperbaiki, dan semoga kedepannya segera ada solusi.

Baca Juga: Ban Mobil Pecah, 4 Warga Klaten Tewas di Tol Solo-Semarang

Bupati Klaten sempat menjelaskan, meskipun jalan lingkar di Waduk Rowo Jombor tersebut berada di wilayah Kabupaten Klaten, akan tetapi wewenang dalam perbaikan jalan itu tidak ada pada pihak Pemerintah Kabupaten Klaten.

Masyarakat umum sepertinya belum mengetahui tentang kewenangan, jadi meski ada di wilayah Klaten tetapi kewenangan inti berada di pihak pemerintah provinsi dan aturan itu harus kita taati, karena kalau tidak patuh aturan kita akan beresiko hukum.

Warga masyarakat perlu tahu bahwa jalan tersebut bukan menjadi kewenangan pemerintah daerah. Bupati Klaten pun tidak habis pikir, setiap ada permasalahan di wilayah Klaten khususnya terkait jalan rusak, warga langsung mengutarakan keluhannya kepada Pemkab Klaten.

Sedangkan banyak dari warga yang tidak paham perihal siapa pihak yang berwenang akan jalan tersebut. Hal ini yang memang menjadi problem bersama. Jalan lingkar di Waduk Rowo Jombor bukan jalan kabupaten, melainkan termasuk jalan provinsi karena Rowo Jombor itu memiliki BBWS.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-59, Danny Pomanto Jadikan Momen Berikan Terbaik untuk Makassar

Meskipun jalan itu berada di bawah kewenangan Pemprov namun Sri Mulyani akan mengusahakan untuk memperbaiki jalan tersebut.

Jika nantinya memang diizinkan menggunakan dana APBD maka akan diperbaiki dengan pemeliharaan.

Dalam unggahan ulang oleh akun instagram @kabar_klaten pada senin (30/1/2023) berisikan video berdurasi 34 yang menggambarkan kerusakan jalan lingkar Waduk Rowo Jombor. Kondisi jalan tersebut tampak basah usai terguyur air hujan.

Terlihat ada beberapa lubang yang ada di beberapa titik yang sudah tercampur dengan tanah urug dan digenangi air, hal itu yang menjadikan jalan licin.

Fitri (29) warga Dukuh Tanjungsari, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat Klaten mengatakan jika jalan lingkar tersebut sudah rusak sebelum tahun baru tapi kerusakan tidak separah yang sekarang, yang mengakibatkan semakin parahnya kerusakan itu truk urug yang sering lewat.

Warga berinisiatif menambal jalan rusak tersebut menggunakan tanah untuk mengurangi kerusakan, akan tetapi dikarenakan intensitas dan volume kendaraan yang cukup padat ditambah curah hujan yang tinggi sehingga aksi warga tersebut tidak bertahan lama.

Baca Juga: Kasus Masih Tinggi, DPRD Kalsel Desak Ada Pusat Rehab Pecandu Narkoba

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.