6 Contoh Proposal Kegiatan Sosial Lengkap, Benar, dan Sesuai Struktur

6 Februari 2023 10:14 WIB
Contoh proposal kegiatan sosial.
Contoh proposal kegiatan sosial. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Kegiatan sosial seperti penyuluhan, peringatan kemerdekaan, penggalangan dana menjadi bagian dari kegiatan yang dilakukan bersama dengan elemen masyarakat sekitar guna mencapai tujuan bersama.

Adanya kepentingan bersama yang mendasari diselenggarakannya sebuah kegiatan sosial tersebutlah yang menjadi poin yang harus ditanamkan agar pelaksanaan kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Salah satu faktor pendukung kelancaran serta keberhasilan ini pun terletak pada kerja sama antara berbagai pihak yang terlibat.

Oleh sebab itu, sebelum menggelar kegiatan sosial ini panitia biasanya akan gencar untuk mengajukan proposal kerja sama dengan beberapa pihak.

Dengan proposal tersebut maka pihak-pihak yang diajak untuk bekerja sama bisa mengetahui informasi secara detail terkait dengan kegiatan sosial tersebut serta hal-hal yang bisa mereka bantu demi kelancaran kegiatan.

Berbicara mengenai proposal sendiri biasanya sebuah proposal kegiatan sosial yang benar terdiri atas beberapa bagian atau struktur yang membangunnya di antaranya seperti di bawah ini.

  • Latar Belakang
  • Nama Kegiatan
  • Tujuan
  • Pelaksana Kegiatan
  • Bentuk Kegiatan
  • Manfaat Kegiatan
  • Sasaran
  • Susunan Acara
  • Anggota Panitia
  • Anggaran Dana
  • Penutup

Untuk memahaminya secara lebih mudah berikut ini kami sajikan beberapa contoh proposal kegiatan sosial yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: Contoh Proposal Pameran Seni Rupa yang Benar Sesuai dengan Ketentuan

Contoh Proposal Kegiatan Sosial

Contoh 1

Bakti Sosial Sekolah

1.Latar Belakang

Kualitas generasi muda menjadi cerminan masa depan bangsa, masih banyak sekolah di pedesaan tidak memiliki fasilitas memadai. Hal ini yang mendorong siswa dan siswi … membantu generasi muda yang kurang beruntung dalam hal pendidikan.

2. Maksud dan Tujuan

Kegiatan bakti sosial ini dimaksudkan untuk upaya mewujudkan kepedulian warga…. Sementara, tujuannya adalah menumbuhkan kebersamaan dalam mencapai tujuan bangsa.

3. Tema

Mengejar Mimpi dan Meraih Prestasi untuk Bakti Kepada Negeri melalui Saling Berbagi.

4. Sasaran

Siswa-siswa serta sarana pembelajaran sekolah satu atap di Kecamatan….

5. Tempat dan Waktu Pelaksanaan

…. 20…

Pukul … WIB sampai selesai

Aula …

6. Bentuk Kegiatan

Kegiatannya yaitu motivasi building yang tujuannya memotivasi siswa lebih maju dan mempunyai cita-cita, walaupun sarana pendukung belajar terbatas. Kegiatan lainnya bakti sosial berupa fasilitas pendukung KBM dan bantuan ke siswa berupa peralatan sekolah.

7. Anggaran Dana

(terlampir)

8. Kepanitiaan

(terlampir)

9. Lain-Lain

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.