4 Contoh Artikel Bahasa Sunda tentang Pendidikan, Materi Kelas 12

6 Februari 2023 13:58 WIB
Contoh artikel bahasa Sunda tentang pendidikan.
Contoh artikel bahasa Sunda tentang pendidikan. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Mengutip dari buku Artikel dijelaskan bahwa artikel merupakan sebuah esai yang lengkap dengan panjang tertentu dan dipublikasikan melalui koran, majalah, buletin atau lainnya dengan tujuan untuk menyajikan ide-ide serta fakta-fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Sebuah artikel pun memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan jenis teks lainnya di antaranya seperti berikut.

  • Tulisannya singkat, jelas, padat, dan pembahasannya lengkap.
  • Sumbernya dari fakta yang ada.
  • Bersifat faktual atau sesuai dengan data.
  • Original serta bukan copywriting.
  • Gagasan atau topik yang diangkat sesuai dengan kebutuhan pembaca atau masyarakat umum.
  • Isi yang disampaikan sesuai dengan fakta yang didapat dari narasumber.
  • Isinya bisa berupa pemaparan biografi tokoh, kisah perjalanan, argumentasi, peristiwa atau fakta lainnya.

Guna memahami hakikat artikel secara lebih baik berikut ini kami sajikan beberapa contoh artikel dalam bahasa Sunda sebagai referensi, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Contoh Resensi Film Bahasa Sunda yang Sesuai dengan Strukturnya

Contoh Artikel Bahasa Sunda tentang Pendidikan

Atikan Kasenian di Sakola

Anu pangheulana jadi pananya teh tangtuna oge: naon tujuanana ngayakeun atikan kasenian di sakolaan, pangpangna tingkat SD? Puguh bae tujuanna lain pikeun ngajadikeun sakur siswa sangkan jadi seniman.

Perkara isuk jaganing geto aya diantarana nu jadi seniman, eta mah tangtu henteu matak ngarobah tujuan utama iayakeunana atikan kasenian di sakola. Siswa tingkat SD, mangrupa mangsa nyorang atikan formal anu bakal nangtukeun ngabentukna karakter siswa ka hareupna. Diayakeunana atikan kasenian di sakola teh tujuan utamana mah pikeun ngatik sangkan siswa jadi kreatif.

Ku ayana atikan kasenian, siswa oge dilatih pikeun mibanda kamampuh nalar, kalemesan budi, imajinasi, sarta kaseukeutan rasa dina nyawang kahirupan  di lingkungan sosial budaya Indonesia. Jadi, atikan kasenian teh henteu sakadar kalangenan, anu diayakeun dapon henteu.

Lantaran, atikan kasenian bisa raket patalina jeung mata ajaran sejenna. Nu matak, sok aya istilah seni ngajar, seni diajar, jeung seni sejenna. Perkara eta nuduhkeun yen naon rupa perkara oge bakal leuwih anteb lamun ditumpangan ku seni.

Pamarentah kalintang surti kana pentingna atikan kasenian, pangpangna anu patali jeung kabudayaan. Ku kituna, dina PP No. 19, Taun 2005 ngeunaan Standar Nasional Pendidikan, kecap seni salawasna dihijikeun jeung budaya (seni dan budaya).

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.