7 Contoh Karangan Eksposisi Bahasa Sunda Beragam Tema dan Strukturnya

14 Februari 2023 15:04 WIB
Contoh karangan eksposisi bahasa Sunda.
Contoh karangan eksposisi bahasa Sunda. ( Pixabay)

Sonora.ID - Mengutip dari laman KBBI V, eksposisi merupakan sebuah teks yang berisi uraian maupun informasi dengan tujuan untuk menyampaikan pendapat atau gagasan yang disajikan dengan fakta guna memperkuat informasi.

Teks ini pun memiliki beberapa ciri khusus di antaranya berisi data faktual; bersifat informatif dan objektif; bentuk penulisannya padat, lugas, dan jelas.

Selain itu, sebuah teks eksposisi biasanya juga terdiri atas struktur yang membangunnya, yakni tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang.

Bagian tesis mengandung pengenalan isu, masalah serta pandangan penulis secara umum mengenai topik yang akan dibahas.

Selanjutnya, bagian rangkaian argumen berisikan argumen penulis sebagai penjelasan tesis. Biasanya berisikan fakta-fakta yang mendukung. Sementara itu, di bagian penegasan ulang biasanya berisikan penutup atau simpulan.

Berikut ini pun kami sajikan beberapa contoh karangan eksposisi dalam bahasa Sunda sebagai bahan untuk belajar, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 10 Contoh Surat Pribadi Bahasa Sunda yang Sesuai dengan Kerangka

Contoh Karangan Eksposisi Bahasa Sunda

Contoh 1

Kebersihan Sekolah

Tesis:

Kabersihan dilingkungan sakola mangrupakeun sala sahiji paktor nu kalintang penting pikeun nyiptakeun kanyamanan dina proses diajar siswa-siswi disakola kasebat, sabab lingkungan anu bersih tangtu nyieun urang jadi tumaninah dina di ajarna.

Kanggo siswa-siswi di unggal sakola tangtuna ditungtut supaya bisa ngajaga kana kabersihan di lingkungan sakolana.

Malah mah kabersihan sakola ieu sering di lombakeun supaya tiasa narik minat kanggo sakola nu sanes pikeun ningkatkeun sarta leuwih paduli kana kabersihan di lingkungan sakolana.

Argumentasi:

Cara pikeun ngajaga kabersihan lingkungan sakola, diantarana nyaéta ulah miceun runtah papaduan jadi kudu miceun ka tempatna, nyapu rohang kelas, piket, sareung seueur deui anu sanesna.

Contona piket kelas, nu mangrupakeun sala sahiji cara pikeun ngajaga kabersihan di lingkungan sakola. Patugas piket biasana ngalakukeun tugas ngabersihkeun rohang-rohang kelas. Sepertos sasapu dikelas, ngahapus papan tulis, jeung nyiapkeun kapur atawa spidol.

Salian kitu, unggal poé jum'at kudu di biasakeun ngalakukeun kagiatan kerja bakti bakti pikeun ngabersihkeun sabundeureun lingkungan sakolaan sarengsena kagiatan diajar disakola.

Tina kagiatan jum'at bersih ieu seueur mangpaatna kana kabersihan lingkungan urang, salain lingkungan salola jadi bersih, hubunganana murid jeung guru ogé bisa mikin akrab sabab ayana gotong royong atawa kerja sama ku babarengan.

Penegasan Ulang:

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.