Wapres Minta DKM Istiqlal Osaka Kelola Masjid Secara Profesional

6 Maret 2023 19:55 WIB
 Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat meresmikan Masjid Istiqlal Osaka (MIO) di Jepang, Senin (06/03/2023) 
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat meresmikan Masjid Istiqlal Osaka (MIO) di Jepang, Senin (06/03/2023)  ( Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Wakil Presiden (BPMI Setwapres) )

Sonora.ID - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meresmikan Masjid Istiqlal Osaka (MIO) di Jepang, Senin (06/03/2023).

Wapres mengatakan peran masjid sangat krusial bagi umat, selain digunakan untuk salat, berdzikir, dan beri’tikaf, masjid juga dipergunakan untuk kepentingan ekonomi dan sosial-budaya bagi umat. 

Untuk itu ia meminta Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) MIO untuk mengelola Masjid tersebut secara profesional. 

“Saya titip pesan kepada seluruh DKM Masjid Istiqlal Osaka dan badan pengelola, agar menjaga Masjid Istiqlal ini dikelola secara profesional, sehingga tetap indah, bersih, dan Makmur, demi kepentingan peribadatan dan kesejahteraan umat,” tegasnya.  

Lebih jauh menurut Wapres, fungsi masjid juga semakin berkembang di dunia modern saat ini, sehingga diharapkan mampu membumikan konsep ekonomi dan keuangan syariah yang menjadi salah satu prioritas kerja pemerintah Indonesia. 

Wapres menyambut baik rencana MIO untuk membangun madrasah dan klinik, sehingga menjadikan MIO tak hanya sebagai pusat dakwah di Jepang.  

“Mengharapkan masjid menjadi tempat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, baik dalam mengembangkan konsep maupun praktiknya,”

“Sehingga MIO tidak hanya megah secara fisik, tetapi turut menjadi pusat kemajuan peradaban Islam,” imbuhnya.

Baca Juga: Selain Perluas Jaringan Halal, Wapres ke Jepang untuk Kerjasama Penguatan Pangan

Dengan berkembangnya paham-paham yang tidak sesuai dengan ajaran Islam sebenarnya, Wapres menekankan, MIO dapat menyebarkan Islam yang rahmatan lil ‘aalamiin (rahmat bagi seluruh alam). MIO diharapkan dapat menjadi etalase citra dan wajah Islam yang sebenarnya menyejukkan, toleran, maju dan damai. 

Wapres mengapresiasi dan bangga atas dibangunnya masjid pertama dan terbesar di Jepang yang dibangun oleh masyarakat Indonesia. Dengan dibangunnya MIO, menurutnya akan menjadi jejak Islam dalam mengukir sejarah bagi masyarakat muslim di Osaka. 

“Kita patut bersyukur karena masjid MIO dapat berdiri di pusat kota Osaka dengan lokasi di daerah premium kota dan mampu menampung hingga 1500 jamaah,"

“Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Jepang, khususnya Gubernur Osaka, yang telah memberikan dukungan atas pendirian masjid ini,” pungkasnya. (Lia Muspiroh)

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.