10 Contoh Kultum Ramadhan Untuk Anak SD Singkat dan Berbagai Tema

27 Maret 2023 13:17 WIB
Contoh kultum ramadhan untuk anak SD.
Contoh kultum ramadhan untuk anak SD. ( Pexels)

Sonora.ID - Di momentum Ramadhan banyak kegiatan bernuansa Islam yang digelar oleh masyarakat guna menyambut dan memeriahkan kedatangan bulan suci ini.

Salah satunya di lingkungan sekolah yang biasa menggelar pengajian bersama, pesantren kilat maupun Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) untuk para siswanya.

Dalam kegiatan-kegiatan tersebut para siswa tidak hanya belajar memperdalam agama Islam, namun juga melatih kemampuan dan keberanian para siswa untuk menyampaikan ceramah atau kultum Ramadhan di hadapan guru serta teman-temannya.

Khusus untuk anak SD sendiri materi kultum biasanya menggunakan bahasa yang sederhana, ringan supaya mudah untuk dipahami.

Ceramah yang dibawakan pun berisikan berbagai pesan kebaikan seperti mengajak untuk lebih taat beribadah kepada Allah SWT, mendirikan salat, mengajak untuk selalu menolong sesama dengan ikhlas, dan lain sebagainya.

Nah, berikut ini pun kami sajikan kumpulan contoh kultum Ramadhan untuk anak SD yang singkat lengkap dengan berbagai tema menarik sebagai referensi, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 10 Contoh Kultum Puasa Ramadhan 7 Menit yang Singkat dan Beragam Tema

Contoh Kultum Ramadhan Untuk Anak SD

Contoh 1

Ibadah di Bulan Ramadhan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Teman temanku yang saya sayangi, semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan diberikan keberkahan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa dan penuh berkah. Selain berpuasa, ada banyak ibadah lain yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, seperti shalat tarawih, membaca Al-Quran, dan berdoa.

Shalat tarawih adalah shalat sunnah yang dilakukan setelah shalat Isya' di bulan Ramadhan.

Shalat tarawih memiliki banyak keutamaan dan pahala yang besar jika kita melaksanakannya dengan khusyuk dan penuh keikhlasan.

Selain shalat tarawih, membaca Al-Quran juga merupakan ibadah yang sangat penting di bulan Ramadhan.

Kita bisa membaca Al-Quran setiap hari untuk memperoleh pahala yang besar dan mendapatkan rahmat serta keberkahan dari Allah SWT.

Selain itu, di bulan Ramadhan ini kita juga diwajibkan untuk memperbanyak sedekah.

Kita bisa memberikan sedekah dengan berbagai cara, seperti memberikan makanan kepada orang yang berpuasa atau membantu orang yang membutuhkan.

Rekan rekan, semoga kita semua bisa memperbanyak ibadah dan kebaikan di bulan Ramadhan ini.

Jadilah orang yang selalu berbuat baik dan penuh kasih sayang kepada sesama. Teruslah berdoa dan memohon ampunan dari Allah SWT agar kita selalu dalam lindungan-Nya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh 2

Menjalankan Ibadah Salat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita semua selalu sehat dan dalam perlindungan-Nya. Tidak lupa shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW.

Pada pagi yang cerah ini, izinkan saya menyampaikan materi yang berkaitan dengan shalat. Shalat merupakan kewajiban bagi pemeluk agama Islam. Rasulullah SAW bersabda “Shalat itu seperti sebuah tiang di dalam agama”

Hal ini dapat diibaratkan seperti sebuah rumah, jika tidak mempunyai tiang maupun tembok sebagai penyangga pasti roboh dan tidak dapat berdiri.

Mengingat betapa pentingnya sholat, maka orang yang sedang sakit pun tetap diwajibkan sholat. Apabila tidak mampu berdiri bisa sembari duduk atau tiduran sesuai dengan ketentuan yang telah diatur.

Rasulullah SAW pernah berkata kalau manusia mengetahui bahwa pahala shalat subuh dan ashar maka setiap orang akan  mendatanginya walaupun harus merangkak. Hal ini menjadi bukti begitu besarnya pahala dari mengerjakan shalat.

Shalat tidak hanya menjadi suatu kewajiban saja melainkan juga sebagai bukti keimanan seseorang kepada Allah. Di dalam surat Al Ma'un: 4-5 Allah berfirman yang artinya:

"Celakalah mereka yang shalat, yaitu orang-orang yang telah lalai dengan shalatnya."

Orang-orang yang tidak mengerjakan shalat maka akan celaka dan rugi. Jika shalat seseorang baik maka amalan yang lain ikut baik. Namun, apabila shalatnya buruk maka amalan lainnya juga buruk.

Shalat sebaiknya dilaksanakan tepat waktu secara khusuk. Saat kumandang adzan terdengar, bersegeralah datang ke masjid. Namun, untuk perempuan lebih diutamakan shalat di rumah.

Shalat juga berfungsi mencegah perbuatan keji dan mungkar. Hal ini seperti firman Allah di surat Al-Ankabut. Dengan demikian, seseorang tidak akan melakukan perbuatan dosa seperti mencuri, berzina, melakukan tindak kekerasan dan lain-lain.

Demikian, materi singkat yang dapat saya sampaikan, semoga Allah memberi kemudahan kepada kita untuk selalu menjalankan sholat dengan baik sesuai tuntunan agama. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh 3

Belajar Puasa

Teman-teman yang dirahmati Allah, kira-kira selama … hari bulan Ramadhan sudah berapa banyak ibadah puasa yang kalian tunaikan? Jika ada yang puasanya masih penuh, itu bagus sekali. Jika ada yang sudah bolong, itu tidak masalah bagi yang belum balig. 

Puasa itu wajib untuk umat Islam yang sehat jasmani – rohani, tinggal menetap, dan sudah akil balig.

Akil balig itu apa sih? Tanda perempuan sudah akil balig adalah telah mengalami menstruasi sedangkan laki-laki yang sudah akil balig adalah telah mengalami mimpi basah. 

Bagi kamu yang belum mengalaminya, belajarlah berpuasa. Jika terbiasa puasa sedari dini, nantinya puasa menjadi ibadah yang menyenangkan untukmu. Kenapa sih, harus puasa kan lapar? Allah SWT berfirman dalam Surat Al Baqarah 183 yang berbunyi,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ - ١٨٣

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Jadi, puasa adalah perintah Allah. Hanya dari subuh hingga maghrib menahan segala hawa nafsu sedangkan Allah SWT sudah memberikan rezeki-Nya untuk kita makan selama bertahun-tahun.

Contoh 4

Lailatul Qadar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.