10 Contoh Pidato Perpisahan Sekolah dari SD hingga Kuliah, Berkesan!

25 April 2023 13:00 WIB
Ilustrasi Contoh Pidato Perpisahan Sekolah
Ilustrasi Contoh Pidato Perpisahan Sekolah ( Freepik.com)

Sonora.ID - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Pidato ini biasanya disiapkan untuk berbagai momen, salah satunya adalah momen perpisahan.

Pada momen tersebut, pidato perpisahan disampaikan dari berbagai pihak, mulai dari guru hingga siswa, untuk memberikan kesan pesan selama bersekolah di jenjang pendidikan tertentu, dan memberikan harapan bagi banyak pihak yang terlibat di acara tersebut.

Dikutip dari Gramedia.com, sebelum melakukan pidato, ada baiknya kamu mempersiapkan diri agar pidato yang kamu sampaikan dapat dipahami dengan mudah, meninggalkan kesan positif, dan menarik perhatian. 

Baca Juga: 5 Contoh Sambutan Ketua Panitia Halal Bihalal yang Pendek dan Berkesan

Berikut ini adalah 13 contoh pidato perpisahan sekolah dari SD hingga kuliah.

1. Pidato dalam Bahasa Inggris

The honorable Mr. Samira as the principal of SD Satya Kencana

The honorable Mrs. Diandra as the vice principal

The Honorable the teachers

And all of my beloved friend

First of all, let us pray praise and gratitude to God, Allah SWT because he has given his grace, guidance and health to us so that we could gather together this morning on this occasion of the farewell day ceremony of 6th grade students.

Let's convey blessings and greetings to the Prophet Muhammad, hopefully we can get his intercession later in akhirah.

Thanks for the opportunity, and let me deliver a speech for representing all sixth grade students today.

Ladies and Gentlemen,

Time passed by so quickly. We had studied for six-year at this school, our beloved SD Satya Kencana. Lots of precious memories that we made here will never be forgotten.

Sad moments also happy moments, we have experienced together made us a family. Those memories are wrapped into our soul that we will always remember.

Ladies and Gentlemen,

Finally, we are facing our graduation day. I feel both happy and sad at the same time because we will leave this school.

I will congratulate all 6th grade students and teachers for their effort, so this time we can graduate.

Enormous gratitude to our beloved teachers for all they have given to us. Only prayer that we can give to our teacher may you always be given health by God amen.

To all my friends, graduation is not the end of our life. We have to continue our study. We also apologize to teachers because I am sure we made a lot of mistakes.

I hope this occasion is not the end of everything and we can meet again. If there were mistakes I made when delivering this speech, please apologize me.

2. Pidato perpisahan SMA

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan nikmat yang diberikanNya kepada kita, sehingga pada hari ini kita semua bisa berkumpul untuk mengikuti acara pelepasan serta perpisahan siswa kelas 12 SMA Standar Internasional.

Tak lupa pula shalawat dan salam juga kita sampaikan pada Nabi Muhammad SAW, semoga syafaatnya akan mengalir pada kita di hari akhir.

Bapak Kepala dan Bapak Ibu Guru SMA Standar Internasional, serta para hadirin yang berbahagia, perkenankanlah saya atas nama Doni mewakili teman-teman kelas 12 untuk menyampaikan sepatah dua patah kata pada acara perpisahan dan pelepasan siswa kelas 12 SMA Standar Internasional.

Tidak terasa, waktu berlalu begitu cepat. Kemarin rasanya saya baru pertama menjalani OSPEK, mengerjakan banyak tugas dan berbagai macam aktivitas untuk masa orientasi, serta berkenalan dengan keluarga besar SMA Standar Internasional.

Kami dengan latar belakang Sekolah Menengah Pertama berbeda-beda berkumpul di SMA favorit ini, kemudian mendapatkan bimbingan dari Bapak dan Ibu Guru.

Kami sadar, kedatangan kami tentu bukanlah hal yang mudah untuk diatasi. Kenakalan kami di masa SMP yang masih terbawa seringkali membuat Bapak dan Ibu kesal dan marah.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm