Dubes Heri Selenggarakan Seremoni Penyerahan Lukisan Karya Presiden SBY dan Dipo Alam kepada Istri Mendiang PM Shinzo Abe

13 Mei 2023 13:25 WIB
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyelenggarakan seremoni penyerahan lukisan sosok mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe karya Sekretaris Kabinet RI (2010 – 2014) Dipo Alam.
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyelenggarakan seremoni penyerahan lukisan sosok mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe karya Sekretaris Kabinet RI (2010 – 2014) Dipo Alam. ( )

Sonora.id - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyelenggarakan seremoni penyerahan lukisan sosok mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe karya Sekretaris Kabinet RI (2010 – 2014) Dipo Alam dan lukisan Gunung Fuji karya Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada istri mendiang Shinzo Abe Akie Abe di Wisma Duta pada Jumat, 12 Mei 2023.

Sosok Shinzo Abe dalam lukisan karya Dipo Alam digambarkan dengan mengenakan kemeja batik motif Jawa Hokokai yang kental dengan pengaruh budaya Jepang.

Selain Dipo Alam dan Akie Abe, acara ini juga dihadiri Dirjen Urusan Asia Tenggara dan Barat Daya Kementerian Luar Negeri Jepang Arima Yutaka dan mantan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi.

Baca Juga: Fesyen Bandung dan Pisang Lampung Laris Manis di Saitama Jepang

Dubes Heri dalam sambutannya mengatakan kedua lukisan karya dua tokoh bangsa ini merupakan penanda kuatnya hubungan people-to-people Indonesia dan Jepang.

“Acara ini mencerminkan tema ulang tahun 65 tahun hubungan Indonesia Jepang yaitu Satu Hati. Lukisan Bapak Abe yang mengenakan kemeja Batik Jawa Hokokai ini mencerminkan kedekatan Indonesia dan Jepang. Bapak SBY juga telah mengekspresikan dengan baik kenangan indah beliau tentang Jepang yang mengena di hati,” demikian dikatakan Dubes Heri yang didampingi oleh Wakil Duta Besar John T. Boestami, Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie dan Diplomat Muda Mukti Romadona Setianto.

“Lukisan-lukisan ini, selain menjadi penanda kuatnya hubungan pemimpin dan people-to-people Indonesia - Jepang, juga menambah warna penting dari peringatan 65 tahun Indonesia dan Jepang tahun 2023 ini untuk penguatan kerja sama Indonesia dan Jepang,” tambah Dubes Heri.

Baca Juga: Wapres Minta Kantor Perwakilan di Luar Negeri Beri Pelayanan Terbaik

Dipo Alam usai seremoni mengatakan pesan moral yang ingin disampaikan dalam lukisan Shinzo Abe adalah berpolitik dengan mengedepankan kedamaian.

“Abe semasa hidup selalu mengkampanyekan perdamaian dunia khususnya kawasan Asia Pasifik termasuk ASEAN. Peristiwa tragis penembakan terhadap PM Abe menginspirasi saya untuk melukis Abe. Tidak boleh lagi ada terulang peristiwa kekerasan. Saya berterima kasih kepada Bapak Dubes Heri Akhmadi yang telah memfasilitasi penyerahan lukisan ini kepada Akie Abe. Saya berharap ke depannya ada kemajuan hubungan Indonesia-Jepang lebih luas,” kata Dipo Alam.

Sementara itu, Akie Abe mengekpresikan rasa harunya atas lukisan karya Dipo Alam yang mampu menggambarkan sosok Shinzo Abe yang sangat gagah dengan kemeja batik motif Jawa Hokokai.

“Saya sangat terharu melihat kedua lukisan ini. Mendiang suami saya memandang penting hubungan persahabatan Indonesia - Jepang. Mungkin suami saya tidak pernah memakai batik sebagus ini, tapi dalam lukisan bapak Dipo Alam suami saya terlihat sangat bangga. Saya yakin beliau sedang menjaga hubungan persahabatan Jepang dan Indonesia,” ujarnya. Akie Abe juga menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan acara.

Pengiriman kedua lukisan dari Indonesia ke Jepang ini difasilitasi oleh Kedutaan Jepang untuk Indonesia dan Kementerian Luar Negeri Jepang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.