Pj. Bupati Landak Buka Kegiatan Peningkatan Kompetensi Numerasi

26 Mei 2023 22:47 WIB
Pj. Bupati Landak buka kegiatan Peningkatan Kompetensi Numerasi Melalui Pelatihan Pandai Berhitung dengan Metode Gampang Asyik dan Menyenangkan (GASING), di Aula Kantor Bupati Landak, Jumat (26/05/2023).
Pj. Bupati Landak buka kegiatan Peningkatan Kompetensi Numerasi Melalui Pelatihan Pandai Berhitung dengan Metode Gampang Asyik dan Menyenangkan (GASING), di Aula Kantor Bupati Landak, Jumat (26/05/2023). ( Diskominfo Kab. Landak)

Landak, Sonora.ID - Pj. Bupati Landak buka kegiatan peningkatan kompetensi ni numerasi melalui pelatihan pandai berhitung dengan metode Gampang Asyik dan Menyenangkan (GASING), di Aula Kantor Bupati Landak, Jumat (26/05/2023). 

Pj. Bupati Landak Samuel saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa metode gasing dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan kemampuan numerasi berpikir tingkat tinggi, kemampuan komunikasi dan kemampuan kolaborasi siswa.

"Melalui kegiatan ini diharapkan kemampuan numerasi siswa maupun guru yang penjumlahan, berhubungan dengan pengurangan, perkalian dan pembagian dapat ditingkatkan sehingga bisa menjadi batu loncatan untuk transformasi sumber daya manusia yang unggul," ungkap Bupati.

Samuel menyampaikan mengapresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar- besarnya atas peran Prof. yohanes Surya, Ph.d dalam mengambil bagian meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Landak dan ini suatu kebanggaan.

"Saat ini Kabupaten Ladak adalah satu-satunya kabupaten di Kalimantan Barat yang diberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan kegiatan ini," ucap Pj. Bupati.

Dirinya juga berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan serius sehingga ilmu yang diimplementasikan dan dibagikan kepada sekolah dan rekan guru lainnya.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak Hery Mulyadi memaparkan bahwa berdasarkan hasil asesmen nasional tahun 2021, rata-rata kemampuan literasi dan numerasi siswa di Kabupaten Landak masih di bawah kompetensi atau masih minimum rendah.  

"Kemampuan numerasi dapat ditingkatkan jika tersedia penyelenggaraan pendidikan penerapannya dapat melalui tenaga pendidik berkualitas secara berkelanjutan," paparnya.

Lebih jauh Hery menjelaskan bahwa legiatan ini dilaksanakan sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa melalui pelatihan guru dan siswa dengan menggunakan metode gasing.

"Tujuan dilaksanakan kegiatan ini ada dua yaitu bagi siswa agar meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui proses belajar pandai berhitung meningkatkan kemampuan numerasi yang berhubungan dengan konsep penjumlahan, pembagian dan perkalian dengan menggunakan metode gasing sebagai dasar," jelasnya.

Sedangkan bagu guru, lanjutnya, agar mampu menyampaikan konsep penjumlahan, pembagian dan perkalian pengurangan, dengan menggunakan metode gasing kepada pengurangan, pembelajaran berbagai subjek khususnya di bidang sains, teknologi, keteknikan dan matematika siswa sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.