Dishub Sukses Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan, Ini Para Pemenangnya

27 Mei 2023 16:13 WIB
Dishub Sukses Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan, Ini Para Pemenangnya.
Dishub Sukses Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan, Ini Para Pemenangnya. ( )

Tenggarong, Sonora.ID - Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan diantaranya adalah masalah pengguna jalannya (67%), kendaraannya (4%), jalan dan lingkungan (5%) serta kombinasi dari ke tiga faktor tadi (24%).

"Jika tidak ada langkah-langkah penanganan yang segera dan efektif, diperkirakan korban kecelakaan akan meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. korban terbanyak dengan mayoritas usia produktif dan yang paling banyak berprofesi sebagai pelajar ataupun mahasiswa," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Ahmad Junaidi saat dikonfirmasi hari ini.

Sejalan dengan perkembangan dan kebijakan untuk membangun dan mewujudkan budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar, pemerintah mengeluarkan regulasi peraturan menteri perhubungan PM 52 tahun 2020 tentang pedoman pemberian penghargaan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Sekretaris Dishub, Yudi Apidiantara mewakili Kadishub membuka acara Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2023, di Ballroom Hotel Grand Fatma, Tenggarong, Sabtu (20/5/2023).

"Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari siswa/i setingkat SMA dan/sederajat dalam wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara berjumlah 50 siswa. Dalam proses pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas angkutan jalan ini para pelajar di samping mengikuti seleksi yang terdiri dari pembuatan karya tulis ilmiah, tes tertulis, bakat dan seni serta presentasi hasil karya tulisnya," ungkap Yudi.

Baca Juga: Dispora Fasilitasi Lapangan Pemuda dan Stadion Rondong Demang untuk Latihan SSB di Kukar

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Keselamatan (Bimkes) Bidang Pengendalian Operasional (Dalops) Dishub Kukar menjelaskan para peserta juga mendapatkan materi ilmu dari narasumber terdiri dari Satlantas Polres Kukar, Satnarkoba BNK, Jasa Raharja, Dinas Pendidikan dan dari Dishub sendiri.

Tujuan dilaksanakannya pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan yaitu meningkatkan kesadaran pelajar terkait bidang keselamatan lalu lintas jalan, membangun kesadaran generasi muda untuk berperilaku tertib berlalu lintas, memberikan reward atas prestasi tertib berlalu lintas dan kepedulian yang tinggi terhadap keselamatan lalu lintas jalan, membangun budaya tertib berlalu lintas atas dasar kesadaran pribadi, menyebarluaskan informasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan generasi muda.

"Dari seleksi pemilihan ini tim juri telah memutuskan dengan hasil sebagai berikut, terbaik 1 atas nama Fika Aulia Putri dari SMAN 3 Tenggarong, terbaik 2 atas nama Ananda Putri Thalita Syakila dari SMAN 1 Tenggarong, terbaik 3 atas nama Muhammad Nur Ansyar dari MAN 2 Tenggarong, harapan 1 atas nama Ardita Rahmawati dari SMAN 1 Muara Jawa
dan harapan 2 atas nama Abdi Chafarid Amir dari SMAN 3 Tenggarong.
Yang selanjutnya akan mewakili Kabupaten Kutai kartanegara pada kegiatan yang sama di tingkat provinsi," tegas Abror.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.