Pemkab Bengkayang Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Lahir Pancasila

1 Juni 2023 21:25 WIB
Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang Mengadakan Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (01/06/2023).
Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang Mengadakan Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (01/06/2023). ( Diskominfo Kab. Bengkayang)

Bengkayang, Sonora.ID - Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, SE.,MM bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera dalam rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila, kita baru melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila.

Berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, tanggal 1 Juni merupakan salah satu hari penting dalam kalender bangsa Indonesia.

Pasalnya, di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Pemilihan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan/BPUPKI) dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia.

Badan ini menggelar sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei 1945.

Dalam sidang tersebut, anggota BPUPKI membahas mengenai dasar-dasar Indonesia merdeka.

Baca Juga: Prajurit dan PNS Kodam II/SWJ Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023

Dalam sidang kedua BPUPKI, Soekarno dalam pidatonya yang bertajuk “Lahirnya Pancasila” berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia tepatnya pada 1 Juni 1945.

Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan "Lahirnya Pancasila" oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI.

Dalam pidatonya Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia merdeka, yang dinamai “Pancasila”.

Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas.

Pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.

Insan ASN dan Tenaga Honorer dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang  sebagai bagian segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia agar berkomitmen memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kegiatan ini dihadiri dan diikuti oleh Pj. Sekretaris Daerah, Forkopimda Kabupaten Bengkayang, Kepala Instansi vertikal dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Bengkayang, Pejabat Tinggi Pratama dan Seluruh ASN dan Tenaga Honorer dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Ketua TP PKK Bengkayang, Kepala BUMN dan BUMD di Kabupaten Bengkayang.

Baca Juga: Dorong Generasi Muda Bangga Punya Pancasila, Puspeka Kemendikbudristek Gelar Kampanye Digital

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.