40 Contoh Soal UKKJ Guru Pertama ke Guru Muda 2025 dan Jawaban

16 Mei 2025 14:45 WIB
Ilustrasi soal ukkj guru pertama ke guru muda.
Ilustrasi soal ukkj guru pertama ke guru muda. ( Pixabay)

Sonora.ID - Soal UKKJ guru pertama ke guru muda dapat digunakan sebagai bahan belajar para peserta yang akan mengikuti ujian.

UKKJ sendiri merupakan singkatan uji kompetensi kenaikan jenjang. 

Jabatan fungsional guru dimulai dari guru pertama ke guru muda, guru madya, dan tertinggi guru utama.

Pelaksanaan UKKJ guru bertujuan untuk menentukan kelayakan seorang guru naik ke jenjang jabatan yang lebih tinggi.

Jadwal UKKJ Guru 2025

Lini masa UKKJ Guru 2025 dirilis langsung di portal kemdikbud.go.id.

  • Sosialisasi UKKJ: 14 April 2025
  • Coaching Clinic Pengusulan Peserta: 21-25 April 2025
  • Pengusulan Peserta oleh Dinas Pendidikan: 28 April - 5 Mei 2025
  • Coaching Clinic Pendaftaran Peserta: 6-7 Mei 2025
  • Pendaftaran Peserta UKKJ: 8-16 Mei 2025
  • Coaching Clinic Tim Verifikasi Berkas: 14-16 Mei 2025
  • Verifikasi dan Validasi Berkas: 19-23 Mei 2025
  • Perbaikan Dokumen Peserta: 26-29 Mei 2025
  • Verifikasi dan Validasi Perbaikan Dokumen: 2-5 Juni 2025
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 9-12 Juni 2025
  • Coaching Clinic Pelaksanaan Ujian untuk Peserta UKKJ: 19-20 Juni 2025
  • Pelaksanaan Uji Kompetensi: 24 Juni - 1 Agustus 2025
  • Pengumuman Hasil dan Penerbitan Sertifikat: 11-15 Agustus 2025

Adapun soal UKKJ guru pertama ke guru muda mencakup kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural.

Berikut ini 40 soal UKKJ guru pertama ke guru muda dan jawabannya dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Lapor Diri PPG Guru Tertentu 2025, Ini Berkas yang Perlu Disiapkan!

1. Seorang guru pertama perlu mengintegrasikan berbagai aspek pembelajaran dalam suatu proyek kolaboratif. Bagaimana guru dapat melakukan integrasi tersebut?

A. Menugaskan tugas yang terpisah kepada setiap siswa tanpa adanya koordinasi.
B. Memimpin dan mengoordinasikan diskusi kelompok agar siswa dapat saling berbagi ide dan pemikiran.
c. Mengabaikan kontribusi siswa lain dan fokus pada kontribusinya sendiri.
d. Menghindari kolaborasi dan bekerja sendiri untuk menghindari kesalahan siswa

Jawaban: B

2. Seorang guru pertama ingin menyampaikan instruksi dengan jelas kepada siswa-siswanya. Apa yang harus diperhatikan dalam komunikasi efektif?

A. Menggunakan bahasa teknis yang sulit dipahami oleh siswa
B. Mengabaikan pertanyaan atau kekhawatiran siswa
C. Menggunakan contoh dan ilustrasi yang relevan
D. Menghindari menggunakan media atau alat bantu komunikasi

Jawaban: C

3. Sorang guru mada ingin meningkatkan hasil belajar siswanya. Apa yang perlu dilakukan untuk mengembangkan orientasi pada hasil?

A. Fokus pada metode pengajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa
B. Membiarkan siswa menentukan sendiri tujuan pembelajaran mereka.
C. Mengabaikan hasil evaluasi siswa dan hanya fokus pada materi yang diajarkan.
D. Melupakan pentingnya mengukur kemajuan siswa.

Jawaban: A

4. Seorang guru muda ingin mengembangkan diri dan membantu rekan kerjaya dalam meningkatkan kompetensi. Apa yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut?

A. Memprioritaskan kepentingan diri sendiri daripada pengembangan rekan kerja.
B. Menolak untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan rekan kerja.
C. Mengikuti pelatihan dan menghadiri seminar yang relevan
D. Tidak peduli dengan kemampuan dan pengembangan diri rekan kerja.

Jawaban: C

5. Seorang guru pertama dihadapkan pada perubahan kurikulum yang signifikan. Bagaimana cara mengelola perubahan tersebut?

A. Menolak untuk menerima perubahan dan tetap mempertahankan metode pengajaran yang lama.
B. Melihatkan pihak terkait dalam proses perencanaan dan implementasi perubahan.
C. Menghindari berkomunikasi dengan siswa dan rekan kerja tentang perubahan tersebut.
D. Mengabaikan dampak perubahan pada proses pembelajaran

Jawaban: B

6. Sang guru muda dihadapkan pada situasi di mana ia perlu mengambil keputusan penting terkait strategi pembelajaran. Bagaimana cara yang tepat untuk mengambil keputusan tersebut?

A. Mengandalkan keputusan orang lain tanpa pertimbangan yang matang.
B. Mengabaikan informasi yang relevan dalam proses pengambilan keputusan.
C. Mempertimbangkan berbagai opsi dan dampak yang mungkin terjadi.
D. Mengambil keputusan secara acak tanpa pertimbangan yang jelas.

Jawaban: C

7. Apa yang harus dilakukan seorang guru muda untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya?

A. Melakukan penelitian tentang topik pendidikan terkini
B. Bergabung dengan organisasi guru di tingkat nasional.
C. Mengikuti pelatihan dan pengembangan profesional secara teratur
D. Mengandalkan pengalaman kerja saja.

Jawaban: C

8. Apa yang dimaksud dengan refleksi diri dalam konteks pengembangan profesional seorang guru muda?

A. Mengevaluasi kinerja siswa secara berkala
B. Merenungkan dan mengevaluasi praktik pengajaran sendiri.
C. Menyusun rencana pembelajaran secara rinci.
D. Membandingkan hasil belajar siswa dengan sekolah lain.

Jawaban: B

9. Bagaimana seorang guru mada dapat meningkatkan hubungan dengan orang tua siwa?

A. Menghindari interaksi dengan orang tua siswa
B. Mengirimkan laporan perkembangan siswa secara teratur.
C. Mengadakan pertemuan reguler dengan orang tua siswa.
D. Menyalahkan orang tua siswa jika hasil belajar rendah.

Jawaban: C

10. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah?

A. Inspirasi
B. Budaya
C. Instruksi
D. Pengasuhan dan lingkungan.

Jawaban: D

11. Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia?

A. 0-2 tahun.
B. 2 -- 7 tahun.
C. 7--11/12 tahun.
D. 11/12/- 14/15 tahun.

Jawaban: C

12. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan?

A. Kognitif.
B. Sosial.
C. Emosional.
D. Moral.

Jawaban: C

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm