Jasa Raharja Kanwil DIY Gelar CRM Bersama Mitra Angkutan Sewa Khusus untuk Dorong Kepatuhan Iuran Wajib

19 Juni 2025 10:17 WIB
Ilustrasi Jasa Raharja Yogyakarta
Ilustrasi Jasa Raharja Yogyakarta ( Dok Jasa Raharja)

Yogyakarta,Sonora.Id - PT Jasa Raharja Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil DIY) menggelar kegiatan Customer Relationship Management (CRM) bersama para mitra angkutan sewa khusus di Yogyakarta pada Rabu (18/6). Kegiatan ini bertujuan mempererat hubungan dengan mitra strategis serta menggali potensi peningkatan kepatuhan terhadap pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) dan Iuran Wajib. Kedua iuran ini menjadi pilar penting dalam perlindungan dasar bagi korban kecelakaan lalu lintas.

Kepala Sub Bagian Iuran Wajib, Chikita KP, menyampaikan bahwa angkutan sewa khusus memainkan peran strategis dalam menunjang mobilitas masyarakat, apalagi di Yogyakarta yang merupakan destinasi wisata unggulan. “Kami ingin memastikan seluruh kendaraan sewa khusus telah memenuhi kewajiban SWDKLLJ dan Iuran Wajib. Ini bukan hanya soal kepatuhan administratif, tetapi juga bentuk tanggung jawab sosial dalam melindungi penumpang dan pengguna jalan lainnya,” ujar Chikita. Dana dari SWDKLLJ dan Iuran Wajib digunakan untuk santunan korban kecelakaan, termasuk biaya perawatan hingga santunan kematian.

Kegiatan ini dikemas secara kolaboratif, termasuk diskusi bersama para pemilik angkutan sewa khusus. Peserta diajak memahami pentingnya kepatuhan, mekanisme pengelolaan dana, serta manfaatnya bagi masyarakat luas. Jasa Raharja juga memperkenalkan aplikasi JRku dan kanal pembayaran digital sebagai kemudahan baru untuk mitra dalam melaksanakan kewajiban mereka. “Kami terus berinovasi agar proses administrasi tidak menjadi beban, sehingga mitra bisa fokus pada operasional,” lanjutnya.

Selain berbagi informasi, kegiatan ini juga menjadi wadah mendengar aspirasi dari para mitra. Salah satu isu yang mengemuka adalah rendahnya kesadaran di kalangan operator kecil. Menanggapi hal ini, Jasa Raharja menyatakan komitmen untuk meningkatkan sosialisasi melalui kunjungan lapangan, pelatihan, dan kerja sama dengan asosiasi transportasi. “Kami ingin membangun komunikasi dua arah yang berkelanjutan, agar mitra merasa didukung, bukan sekadar diwajibkan,” kata Chikita.

Dinas Perhubungan DIY turut mengapresiasi langkah Jasa Raharja. “Angkutan sewa khusus adalah bagian vital dari sistem transportasi Yogyakarta. Kegiatan seperti ini penting untuk memastikan semua operator patuh pada regulasi dan berkontribusi dalam keselamatan lalu lintas,” ujar perwakilan Dishub DIY. Mereka juga berjanji untuk terus mendukung program serupa melalui edukasi dan pengawasan.

Dalam kesempatan yang sama, Jasa Raharja memperkenalkan program JR Safety Road—sebuah aplikasi edukatif berbasis permainan yang mengajak masyarakat belajar keselamatan berkendara secara menyenangkan. Peserta juga berkesempatan mengumpulkan poin dan memenangkan hadiah menarik. “Kami ingin menyasar pengemudi muda yang aktif secara digital,” jelas Chikita.

Ke depan, Jasa Raharja Kanwil DIY berencana menjadikan kegiatan CRM ini sebagai agenda rutin dan memperluas jangkauan ke lebih banyak mitra transportasi. “Dengan kerja sama yang kuat, kami yakin bisa menciptakan ekosistem transportasi yang lebih aman dan terjamin di Yogyakarta,” pungkasnya.

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm