Kominfo Permudah Masyarakat dengan Rilis Chatbot COVID-19 di WhatsApp

20 Maret 2020 12:10 WIB
Chatbot COVID-19 di WhatsApp
Chatbot COVID-19 di WhatsApp ( Kompas.com)

Sonora.ID - Beberapa waktu yang lalu beredar video yang menunjukkan bahwa beberapa warga di kota besar sekali pun, masih tidak peduli dengan virus corona.

Bahkan dalam video yang beredar di media sosial tersebut ada salah satu warga yang mengaku tidak tahu terkait dengan virus corona, apa lagi tentang bahaya dari virus tersebut.

Melihat hal tersebut, pemerintah pun melakukan segala cara untuk membuka mata masyarakat dan memberikan kesadaran terkait dengan virus corona yang tengah menyerang Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G.Plate pun pada hari Kamis, 19 Maret 2020 kemarin meluncurkan layanan yang bisa memudahkan masyarakat untuk mengetahui perkembangan tentang virus yang satu ini.

Baca Juga: Nama ‘Bu Risma’ Kembali Jadi Trending, Bikin Prestasi Apa Lagi?

Pihak Kominfo menggandeng Facebook untuk membuat layanan Chatbot dalam aplikasi WhatsApp dengan tujuan mengedukasi masyarakat Indonesia.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pandemi COVID-19 akan menggunakan fasilitas obrolan elektronik atau chat tersebut.

Dengan nama Chatbot COVID-19, layanan obrolan ini diharapkan bisa membantu menyadarkan masyarakat tentang bahaya virus corona sehingga meningkatkan kesadaran untuk menjaga keamanan diri sendiri dan keluarga.

Baca Juga: Setelah Berkunjung ke Turki, Wali Kota Bogor Positif Terinfeksi Virus Corona Covid-19

Meski sudah dirilis pada Kamis kemarin, namun layanan ini masih terus dilakukan penyesuaian dan penyempurnaan oleh Kominfo bersama dengan pihak WhatsApp.

Namun, seluruh masyarakat Indonesia sudah bisa menggunakan layanan tersebut terhitung dari pertama kali dirilis.

Chatbot Covid19.go.id dirancang untuk digunakan Gugus Tugas atas arahan langsung Menteri Kominfo beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Whatsapp Mode Gelap Rilis di iOS dan Android, Begini Cara Aktifkannya!

Chatbot dapat terwujud atas kerja sama Kominfo dengan berbagai pihak yang tergabung dalam gugus tugas dan sejumlah pemangku kepentingan di antaranya, yaitu Kementerian Kesehatan, BNPB, KSP,  BUMN, Telkom Group dan WhatsApp Inc.

Cara penggunaannya pun mudah, pengguna WA hanya perlu mengirimkan pesan yang berbunyi ‘Halo’ atau ‘Selamat malam’ kepada nomor 081133399000.

Secara otomatis pesan tersebut akan dibalas dan bisa memberikan informasi atau edukasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo berharap Chatbot ini bisa bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya dalam menghadapi pandemik COVID-19 ini.

Baca Juga: UPDATE Virus Corona 19 Maret 2020: 308 Kasus, 15 Orang Sembuh

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm