Find Us On Social Media :
ilustrasi (freepik)

Teknologi Digital Membuka Jalan untuk UMKM Semakin Berkembang

Carissa Erlinda - Selasa, 10 September 2019 | 19:00 WIB

Sonora.ID - Perkembangan dunia digital memang memengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali memengaruhi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.

Dengan perkembangan digital, UMKM menjadi dimudahkan dalam melakukan transaksi, termasuk mengajukan pinjaman di teknologi finansial yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal ini menjadi penting, karena menurut, Co-Founder and CEO akseleran.com, Ivan Nikolas Tambunan, UMKM adalah tulang punggung perekonomian di Indonesia, karena memegang 90% Produk Domestik Bruto (PDB).

Baca Juga: Mau Membangun Karier? Pakar Fengshui Rumah: Seimbangkan Tiga Unsur Ini

“Nah Indonesia ini lebih dari 60 juta UMKM ada di Jakarta, UMKM ini adalah tulang punggungnya perekonomian Indonesia. Lebih dari 90% PDB kita juga ditunjang oleh UMKM, dan mereka menyediakan lebih dari 90% lapangan kerja, itu kelebihannya UKM kita. Maka kalau Indonesia mau maju, harus tingkatkan kelas UMKM-nya,” sambung Ivan.

Meskipun demikian, menurut data dari OJK dan World Bank, permasalahan terbesar yang dihadapi untuk mengembangkan UKM adalah pada pendanaan.

Baca Juga: Dilanda Kejenuhan Bisa Menghambat Kesuksesan, Ini Kata Fengshui