Find Us On Social Media :
ilustrasi pengecekan mesin mobil (freepik)

Benarkah Jika Turbo Common Rail Rusak akan Susah Diperbaiki?

Prameswari Sasmita - Sabtu, 12 Oktober 2019 | 21:53 WIB

Sonora.ID - Beberapa penggemar mobil sering kali membeli mobil keluaran lama, sehingga kemudian mengambil risiko membeli mobil second karena mobil yang diminati sudah tidak diproduksi lagi. Namun, terkadang muncul kekhawatiran dalam keputusan membeli mobil second tersebut.

Hal yang sama terjadi pada salah satu pendengar Radio Sonora, Pak Hendra menanyakan terkait perawatan common rail pada kendaraan keluaran tahun 2012 yang akan ia beli.

“Selamat pagi Pak Bebin, saya rencana mau beli mobil second Ford Everest keluaran 2012. Tapi saya selalu khawatir karena menurut informasinya pada mobil yang sudah common rail, kalau turbonya sudah rusak katanya tidak bisa diservis, dan kalau diganti bisa 50 jutaan, yang saya tanyakan benarkah demikian? Dan bagaimana cara merawat turbo diesel common rail?”

Baca Juga: Cylinder Cop Merembes dan Mobil Bergetar, Bagaimana Menyiasatinya?

Pertanyaan tersebut kemudian dijawab oleh Pakar Otomotif, Bebin Djuana, yang menjadi narasumber dalam Klinik Otomotif Sonora.

Baik, terima kasih Pak Hendra atas pertanyaannya, saya jelaskan dulu tentang common rail.

Jadi, dulu sistem saluran bahan bakar di kendaraan diesel hanya diatur oleh pompa solarnya, yang biasanya disebut sebagai bosch pump, dan kalau pun sampai rusak, saat diservice walaupun mahal tapi tidak semahal common rail.

Baca Juga: Mobil Panas Saat Dipakai di Atas 100 Km/Jam? Mungkin Ini Penyebabnya