Find Us On Social Media :
Penyebab Sariawan (https://www.freepik.com)

Sering Seriawan di Mulut? Perhatikan Kembali Pola Tidur Anda

Prameswari Sasmita - Senin, 14 Oktober 2019 | 09:20 WIB

Sonora.ID - Mulut adalah salah satu bagian dari saluran pencernaan manusia. Setiap harinya pasti ada makanan dan minuman yang masuk melalui rongga mulut.

Menjadi penting untuk menjaga kesehatan mulut, karena adanya luka atau keluhan pada bagian ini akan sangat mengganggu proses pencernaan.

Dr. Susanti dari Medical Center Kompas Gramedia menyebut, keluhan atau masalah yang paling sering ditemui adalah luka atau yang akrab disebut seriawan. Seriawan ini adalah luka dangkal pada lapisan di dalam mulut, yang biasanya berwarna putih kekuningan.

Baca Juga: Sering Dibilang Sehat, 7 Makanan Ini Justru Bikin Penyakit Menumpuk!

“Biasanya dasar lukanya berwarna putih kekuningan, tapi pinggirnya merah-merah. Bentuknya seperti lingkaran atau oval. Nah itu sakit luar biasa,” tambah dr. Susanti.

Namun dr. Susanti juga menambahkan bahwa rasa sakit pada seriawan justru menunjukkan bahwa keluhan tersebut hanyalah luka dangkal biasa.

Kondisi yang perlu dikhawatirkan adalah ketika ada luka yang menyerupai seriawan, namun penderita tidak merasakan rasa sakit. Kondisi ini bisa menjadi tanda awal terjadinya kanker mulut.

Seriawan itu sendiri bisa terjadi di seluruh bagian dalam mulut, seperti di gusi, di lidah, atau di langit-langit mulut.

Baca Juga: Sering Sembelit? Ini Dia Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya