Find Us On Social Media :
PMS Parah Karena Alkohol (https://www.freepik.com)

Sering Sakit pada Masa PMS, Minum Alkohol Bisa Bikin Makin Parah?

Prameswari Sasmita - Senin, 11 November 2019 | 16:00 WIB

Sonora.ID - PMS atau premenstrual syndrome adalah fase ketika seorang perempuan yang sudah dalam siklus mestruasi akan segera memasuki fase menstruasi.

Setiap orang memiliki keluhan yang berbeda-beda  dalam fase PMS ini, ada yang merasa sakit perut, naik atau turun berat badan, perasaan lebih sensitif, sariawan, atau bahkan ada juga hampir tidak merasakan keluhan apapun.

Keluhan pada saat PMS ini dinyatakan wajar karena memang ada pengaruh dari hormon pada perempuan sesaat sebelum memasuki fase menstruasi.

Baca Juga: Tidak Bisa Menstruasi? Awas Vaginal Septum, Kenali Gejalanya

Meski dikatakan wajar, namun tetap saja keluhan yang terjadi pada saat PMS akan membuat perempuan tidak nyaman.

Khusus bagi Anda yang memang sering merasakan sakit di fase ini, Anda harus menjauhi minuman beralkohol, karena minuman ini bisa membuat keluhan PMS Anda memarah.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Santiago de Compostela menghasilkan data yang menunjukkan bahwa sekitar 11% kasus PMS yang parah, disebabkan oleh asupan alkohol yang berlebihan.

Alkohol dinilai dapat mengubah tingkat hormone seks steroid dan memengaruhi zat kimia pada otak yang pastinya akan berdampak juga pada PMS.

Baca Juga: Anda Wanita Perokok? Hati-Hati Efeknya Pada Kesehatan Miss V