Find Us On Social Media :
Ilustrasi bayi. Video bayi aneh di India yang viral di media sosial dikabarkan hoaks, kondisi aslinya disebut 'Harlequin Ichthyosis' (Freepik)

Hoaks Bayi Aneh di India, Kondisinya Disebut 'Harlequin Ichthyosis'

Sienty Ayu Monica - Jumat, 29 November 2019 | 11:30 WIB

Sonora.ID – Beredarnya informasi mengenai bayi aneh yang berada di India tengah menjadi bahan pembicaraan di media sosial Indonesia. Berita tersebut hoaks, kondisi aslinya bernama 'Harlequin Ichthyosis'.

Dalam informasi tersebut, dituturkan bahwa bayi dikandung selama 11 bulan dan memakan usus ibunya. Bayi tersebut juga dikatakan harus disuntik mati selama 17 kali agar ia meninggal.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Tipe 2 Tetap Bisa Disembuhkan?

Berikut informasi lengkap yang tersebar di sosial media:

"Bayi ini 11 bln dlm perut ibunya. Habis usus ibunya dimakan oleh Bayi ini, kemudian dokter mengoprasi ibunya untuk mengeluarkan Bayi ini... Ketika Bayi ini keluar, dia gigit tangan perawat... Setelah 3 jam si Perawat meninggal, IBU Bayi ini pun meninggal setelah Bayi ini keluar... Bayi ini lahir dgn berat 8 kg, setelah 3 jam bertambah naik beratnya menjadi 13 kg... Bayi ini lahir hari jumat, tidak tahu Allah ingin kasi peringatan apa untuk kita semua... Bayi ni kemudian dibunuh, dokter memberinya suntik mematikan sampai 17 kali baru bayi ini mati... Ini kisah benar-benar terjadi di India... Wallahu A'lam,"

Bersama dengan informasi tersebut, sumber juga menyertakan sebuah video yang menunjukkan seorang bayi dengan kulit kekuningan pecah-pecah, mata merah dan mulut yang lebar.

Berdasarkan hasil penelusuran lebih lanjut, ternyata kabar mengenai bayi aneh tersebut adalah berita bohong atau hoaks.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Fistula Ani dan Risikonya Bagi Organ Tubuh