Find Us On Social Media :
Tips Marketing (https://www.freepik.com/)

Target Tak Tercapai karena Pasar sedang Lesu? Ingat ‘Marketing is not Magician’

Prameswari Sasmita - Selasa, 17 Desember 2019 | 16:00 WIB

Sonora.ID - Akhir tahun 2019 ini, penjualan di berbagai bidang justru sedang mengalami penurunan, maka banyak pihak pemasaran atau marketing yang kemudian mengeluh karena kondisi pasar yang sedang lesu tersebut.

Berbagai usaha pun dilakukan, namun tak jarang justru usaha tersebut tidak mendatangkan keuntungan tetapi menambah beban pengeluaran perusahaan.

Associate Director PT Ciputra Residence, Yance Onggo menjelaskan bahwa, ada satu kunci penting yang harus selalu menjadi pegangan pihak marketing, yaitu teori bahwa marketing is not magican.

Baca Juga: Poin Penting dalam Berbisnis: Bagaimana Cara Wujudkan Customer Antri?

“Jawaban saya cuma satu, marketing is not magican. Jadi, marketing itu bukan tukang sulap, bukan pekerjaan individu, bukan gara-gara satu orang lalu bisa produknya terjual,” jelas Yance.

Dalam mewujudkan marketing is not magican tersebut, pihaknya menjelaskan bahwa ada beberapa hal dalam pemasaran yang harus dimiliki oleh perusahaan mana pun, selain kerja tim.

Management

Mewujudkan penjualan yang baik di masyarakat, pasti harus ada perencanaan yang matang serta relevan untuk dijalani di lapangan.

Jangan sampai perencanaan saja yang tersusun dengan baik, namun kerja lapangannya tidak di-manage dengan baik juga.

Baca Juga: Berikut 6 Tips Untuk Mencari Pasar Dalam Membangun Sebuah Bisnis