Find Us On Social Media :
Pelepasan Satgas Garuda RI yang ditunjuk mengemban tugas dalam penanganan kasus Karhutla di Australia (Tribunnews.com)

 Salut! Bantu Karhutla di Autralia, Panglima TNI Kerahkan 44 Satgas Garuda

Muhamad Alpian - Sabtu, 1 Februari 2020 | 13:25 WIB

Sonora.ID - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto resmi melepaskan Satuan Tugas (Satgas) Garuda RI dalam membantu dan menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang telah lama terjadi di Australia.

Hadi Tjahjanto sendiri menjadi inspektur dalam upacara pelepasan di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada Sabtu (1/2/2020) menggunakan pesawat C-130 Hercules TNI AU dari Skadud 32 Lanud Abdurahman Saleh.

Baca Juga: Identik dengan Kemiskinan, Etnis Tionghoa Pantang Makan Bubur Saat Imlek

"Atas keputusan pemerintah TNI diperintahkan untuk mengirimkan pasukan guna membantu penanganan karhutla," ucap Hadi saat memberi sambutan seperti dikutip tribunnews.com.

Ia juga mengatakan jika prajurit yang dikirim dalam penanganan kasus karhutla di Australia tak lain dan tak bukan merupakan duta bangsa dan kemanusiaan yang membanggakan.

"Saudara-saudara, para prajurit yang ada di hadapan saya, adalah duta-duta bangsa dan duta kemanusiaan yang ditugaskan untuk membantu Australia sebagai negara sahabat Indonesia. Tugas ini adalah tugas yang mulia dan penuh dengan nilai-nilai kemanusiaan," tegas Panglima TNI.

Baca Juga: Tipu Istri dan Keluarga Selama 7 Tahun, Ternyata Pria Ini TNI Gadungan