Find Us On Social Media :
Ibadah Haji 2020 Dibatalkan (Tribun Sumsel)

Pemberangkatan Haji 2020 Dibatalkan, Begini Respon Pengelola Bisnis Haji & Umroh

Fernado Oktareza - Kamis, 4 Juni 2020 | 19:35 WIB

Palembang, Sonora.ID - Keputusan Pemerintah Republik Indonesia yang secara resmi membatalkan keberangkatan haji pada tahun ini disesalkan banyak pihak.

Salah satunya pengelola bisnis travel haji dan umrah yang tentunya terkena dampak yang luar biasa akibat keputusan ini.

Ridwan Saiman selaku Kepala Cabang Zafa Tour Palembang mengungkapkan kekecewaannya terhadap keputusan pemerintah Indonesia yang secara resmi membatalkan pemberangkatan haji.

“Keputusan yang dikeluarkan pemerintah Indonesia saya nilai telah mendahului pemerintah Arab Saudi, karena seperti yang kita tahu Pemerintah Saudi pun belum mengeluarkan kebijakan dilarang atau tidaknya pelaksanaan haji tahun ini,” katanya saat dihubungi Tim Smart Fm Palembang, Rabu (03/06).

Baca Juga: Ibadah Haji 2020 Ditiadakan, Ketua PNBU: Harusnya Tunggu Keputusan dari Saudi Arabia

Ridwan pun juga menyayangkan apabila alasan dibatalkannya pemberangkatan haji tahun ini dikarenakan waktu pelaksanaan haji yang mendesak dan kurangnya kesiapan dari panitia haji.

“Kalau alasannya demikian, tentunya sangat disayangkan ya, karena seperti yang kita tahu yang namanya kepanitiaan haji itu adalah orang-orang yang sudah berpengalaman,” tuturnya.

Ridwan berharap akan ada keputusan yang dikeluarkan pemerintah saudi supaya segera memberikan izin pelaksanaan haji dan pemerintah Indonesia bisa meninjau ulang keputusan pembatalan tersebut.

Baca Juga: Amphuri Sulsel Dukung Kebijakan Pusat Soal Pembatalan Ibadah Haji 2020