Find Us On Social Media :
Ilustrasi covid-19 ()

Obat Penurun Kolesterol Disebut Mampu Degradasi Covid-19

Karina Alya - Jumat, 25 September 2020 | 18:35 WIB

Sonora.ID - Perkembangan baru mengenai obat dan kaitan dengan virus corona didapatkan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat.

Peneliti dari UC San Diego Health baru-baru ini melaporkan bahwa statin atau obat penurun kolesterol berkaitan dengan penurunan risiko pengembangan penyakit Covid-19 parah dan waktu pemulihan yang lebih cepat.

Pernah mendengar obat golongan statin? Obat-obatan ini biasanya diberikan oleh dokter untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Baca Juga: Vladimir Putin Tawarkan Vaksin Virus Corona Secara Gratis ke PBB

Namanya biasanya adalah Simvastatin, Lovastatin, dan lainnya. Ternyata, penelitian terbaru menyebutkan obat-obatan ini bisa dikembangkan untuk menyembuhkan pasien Covid-19.

Rumah Sakit Renmin Universitas Wuhan, Tiongkok, sebuah rumah sakit terkemuka di Provinsi Hubei, telah melaporkan sebuah penelitian yang menemukan bahwa obat-obatan yang mengandung statin memiliki dampak yang signifikan dalam mengurangi tingkat kematian pasien Covid-19. Artinya obat ini diklaim bisa menyembuhkan pasien yang parah.

Jurnal medis internasional Cell Metabolism sudah menerbitkan hasil penelitian pada pekan lalu. Ini adalah salah satu solusi Tiongkok lainnya untuk mengatasi pandemi yang sedang berlangsung.

Penelitian ini didasarkan pada 13.983 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di 21 rumah sakit di sekitar Provinsi Hubei.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Jadi Harapan Masyarakat, Doni Monardo: Belum akan Berakhir