Find Us On Social Media :
Wamen ATR/BPN Surya Tjandra memberikan paparan saat pembagian sertifikat tanah rakyat di Kabupaten Sumbawa, NTB (Dok Kementrian ATR/BPN)

Serahkan Sertifikat di Sumbawa, Pemerintah Hadir untuk Rakyat

Jumar Sudiyana - Selasa, 13 Oktober 2020 | 08:38 WIB

SONORA.ID - Penyerahan Sertifikat terus dilakukan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) demi menyejahterakan rakyat seluruh Indonesia. Kepada 19 perwakilan secara simbolis diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Surya Tjandra dari 1.689 bidang, dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat di Desa Batudulang, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (09/10/2020).

Selain dihadiri oleh Wamen ATR/Waka BPN turut dihadiri juga oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi NTB, Slameto Dwi Martono; Kapolres Sumbawa, Pjs. Bupati Sumbawa, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa dan jajaran Kantor Wilayah BPN Provinsi NTB serta Forkopimda setempat.

Baca Juga: Kasus Anak Melonjak selama Pandemi, Kemensos Perkuat Pelayanan dan Pengasuhan

Surya Tjandra mengatakan penyerahan sertipikat tanah ini penting untuk memberikan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki oleh masyarakat. "Momentum penyerahan kali ini adalah momentum menyadari betapa pentingnya sertipikat tanah itu sehingga kita jalankan prosedurnya dan memiliki kekuatan hukum, serta legitimasinya itu menjadi milik masyarakat," kata Wamen ATR/Waka BPN.

Lebih lanjut Surya Tjandra menuturkan bahwa hasil PTSL, redistribusi tanah ini bentuk hadirnya pemerintah kepada rakyatnya. "Setelah penyerahan sertipikat, tanah-tanah masyarakat kita berdayakan dan ini bentuk negara kerja. Negara hadir dan hari ini bukti pemerintah peduli terhadap ibu bapak dan terlebih di sini akan ada pembangunan besar seperti sirkuit Mandalika, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Teluk Saleh dan itu mau dikuatkan potensi dan ekonominya," tuturnya.