Find Us On Social Media :
Pakar Sebut 3 Lingkaran Perubahan Pada UKM OUTLOOK 2021 Mendatang ()

Pakar Sebut 3 Lingkaran Perubahan Pada UKM OUTLOOK 2021 Mendatang

Stefani Windi Ataladjar - Kamis, 15 Oktober 2020 | 15:35 WIB

Sonora.ID - Tahun 2020 adalah “The Lose Year” karena sudah dipastikan akhir tahun ini dunia usaha tak mampu mencapai target. Sebabnya kita sudah tahu karena krisis kesehatan-ekonomi yang membawa Indonesia ke jurang resesi.

Menurut Pakar Marketing dan Branding Yuswohady tahun 2021 harus menjadi momentum comeback.

Untuk mempersiapkan “win-back year” 2021, maka setiap pemain harus memahami perubahan lingkungan bisnis di next normal. Hal itu disampaikan Yuswohady saat talkshow dengan Radio Smart Fm.

Yuswohady menjelaskan, terdapat 3 lingkaran beririsan yang akan terjadi mengenai usaha kecil dan menengah (UKM) di tahun 2021 atau peta bisnis yang ada di UKM outlook 2021.

Baca Juga: Polisi Tegaskan Bakal Catat Para Pelajar Yang Demo UU Cipta Kerja di SKCK

Lingkaran yang pertama atau lingkaran yang terluar adalah sebuah chance atau kemungkinan. Kemungkinan ini merujuk pada perubahan-perubahan makro yang sulit diprediksi dan dipengaruhi.

“Sebagai contoh karena perubahan regulasi atau karena adanya pandemi seperti saat ini,” ujar Yuswohady.

Selanjutnya, untuk bagian lingkaran tengah merupakan perubahan customer. Pada tahun 2021, prilaku para customer akan berubah menjadi lebih memprioritaskan kesehatan, kebersihan dan keselamatan mereka.

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Ingatkan Penerapan Protokol Kesehatan Dimulai dari Keluarga

“Cleannes, healtines dan savetynes akan menjadi prioritas konsumen,” ujar Yuswohady.
Untuk lingkaran yang ketiga atau terakhir merupakan mengenai kompetisi.