Find Us On Social Media :
Dikarpus Jateng Gelar Pameran Arsip Virtual. (Jatengprov.go.id)

Peringati Hari Pahlawan, Dikarpus Jateng Gelar Pameran Arsip Virtual

Iyeng Veda - Rabu, 11 November 2020 | 16:55 WIB

Semarang, Sonora.ID - Memperingati Hari Pahlawan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dikarpus) Provinsi Jawa Tengah menggelar pameran virtual. Mulai 10-30 November 2020, puluhan arsip statis tekstual, film, hingga kartografi akan dipamerkan melalui https://arpusda.jatengprov.go.id.

Menurut Kepala Dikarpus Jateng Prijo Anggoro, pameran bertema “Arsip Perjuangan Merebut dan Mempertahankan Kemerdekaan di Jawa Tengah” digelar bertujuan memasyarakatkan arsip sebagai sumber informasi dan rekam jejak sejarah bangsa.

“Pameran kearsipan virtual selain menyikapi kondisi masa pandemi Covid-19, juga menjawab kebutuhan para milenial yang lebih tertarik menikmati informasi dalam bentuk digital,” ujar Prijo, Selasa (10/11/2020).

Baca Juga: Wopanco Gelar Pameran, Tuangkan Ide Kreatif Seni Lukis ke Masker

Pada pameran virtual ini, arsip yang dipaparkan adalah seputar kesejarahan nasional, kabupaten atau kota di Jateng. Acara tersebut diikuti 31 kabupaten dan kota di provinsi Jawa Tengah.

Jika ingin menikmati pameran tersebut pengunjung dapat mengakses situs Dikarpus. Pengunjung bisa berkunjung ke stand-stand dinas arsip dan perpustakaan di daerah-daerah secara virtual.

Adapun, peserta pameran arsip virtual itu di antaranya Kabupaten Purworejo, Rembang, Cilacap, Kebumen, Boyolali, Klaten, Purbalingga, Magelang, Brebes, Demak, Pati, Jepara, Temanggung, Wonogiri, Blora, Kendal, Karanganyar, Semarang, Banyumas, Grobogan, Banjarnegara, Wonosobo, Sragen, Pemalang, Batang, Pekalongan, dan Kota Magelang, Semarang, Salatiga, Surakarta dan Pekalongan.