Find Us On Social Media :
Udang windu atau sitto yang berasal dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Dok Pemprov Sulsel)

Udang Sitto Kualitas Premium Asal Pinrang Segera Masuki Pasar Eropa

Dian Mega Safitri - Selasa, 17 November 2020 | 16:45 WIB

Makassar, Sonora.ID - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah melakukan panen udang windo atau sitto di kawasan budidaya udang ramah lingkungan yang terletak di Desa Waetuoe, Kelurahan Lanrisang, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang.

Nurdin Abdullah mengatakan, Sulsel memiliki pengalaman untuk mengembangkan udang sitto sehingga berpengaruh besar terhadap peningkatan kesejateraan masyarakat.

Kejayaan udang sitto selanjutnya terganti oleh jenis vaname. Meski memiliki dampak yang besar, tetapi budidaya udang vaname dampaknya dinilai tidak signifikan pada tingkat perekonomian petani tambak.

Baca Juga: Program Prioritas Hilirisasi Perikanan Tingkatkan Ekspor Udang Sulsel

"Saya kira kita punya kewajiban untuk menjaga keunggulan kita, Pinrang ini adalah salah satu dari dulu sampai sekarang sebagai penghasil udang sitto, satu hal yang kita jaga jangan sampai petani kita meninggalkan udang sitto dan beralih ke vaname. Kita tahu vaname ini sumbernya dari mana, sementara itu sitto dari nenek moyang kita sudah mengembangkan sitto," kata Nurdin Abdullah.

Untuk itu, Pemprov Sulsel bersama Pemda setempat terus mendorong minat masyarakat mengembalikan budidaya udang sitto. Pihaknya meyakini, udang sitto adalah keunggulan Sulsel yang segera berjaya kembali.

"Dengan acara menghadirkan benur yang berkualitas, terus menghadirkan kualitas air diperbaiki, hadirkan teknologi,"paparnya.

Baca Juga: Dianggap Tak Guna, Ternyata Kepala Udang Miliki Sejuta Khasiat untuk Tubuh