Find Us On Social Media :
Dinilai Lebih Baik Dari Jenis Garam Lain, Benarkah Garam Himalaya Baik Untuk Kesehatan? (freepict.com)

Dinilai Lebih Baik Dari Jenis Garam Lain, Benarkah Garam Himalaya Baik Untuk Kesehatan?

Alifia Astika - Rabu, 25 November 2020 | 21:25 WIB

Sonora.ID - Salah satu bahan dapur yang dapat menguatkan rasa masakan adalah garam. Namun mengkonsumsi garam secara berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh.

Sebab mengkonsumsi terlalu banyak garam akan dapat mempercepat tekanan darah pada alteri yang akan mengakibatkan hipertensi atau darah tinggi.

Itu sebabnya Anda harus mengatur pola konsumsi garam sehari-hari. Namun terlepas dari itu sebuah penenitian menyebutkan bahwa garam dengan jenis tertentu dinilai lebih baik dari garam lainnya.

Garam himalaya dinilai jauh lebih banyak memiliki kandungan nutrisi dan kaya akan mineral jika dibandingkan garam biasa,

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Bagi Bumil, Jika Mengkonsumsi Buah Durian

Menurut hasi penelitian perbedaan kandungan nutrisi pada kedua jenis garam tersebut dianggap sangat kecil atau tidak signifikan.

Sebagai gambaran, untuk memenuhi kebutuhan kalium per hari orang dewasa dalam kondisi sehat, setidaknya dibutuhkan 1,7 kilogram garam hilamaya per hari.

Jumlah tersebut tidak realistis untuk dikonsumsi, karena konsumsi garam berlebihan justru bisa berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Mampu Mencegah Kanker hingga Penyakit Jantung

Beberapa klaim menyebut manfaat garam himalaya untuk kesehatan di antaranya bisa menunjang diet. Namun, sejumlah klaim kesehatan terkait garam himalaya tersebut belum memiliki bukti kuat atau penelitian pendukung.