Find Us On Social Media :
Bursa Efek Indonesia. (Kompas.com)

Tahun ini Investor Lokal Lebih Mendominasi Dibanding Investor Asing

Fernado Oktareza - Jumat, 27 November 2020 | 06:50 WIB

Palembang, Sonora.IDBursa Efek Indonesia (BEI) mencatat secara keseluruhan berdasarkan year to date jumlah investor lokal yang berinvestasi di pasar saham Indonesia sebanyak 1.489.898 pihak.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia Palembang, Hari Mulyono kepada Smart Fm Palembang beberapa waktu lalu.

Dengan jumlah tersebut, lanjut Hari, investor lokal yang berinvestasi di pasar saham Indonesia pada tahun ini mengalami pertumbuhan sebanyak 385.288 atau naik hampir 35 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020, dengan rata-rata tingkat keaktifan bertransaksi secara rutin bulanan mencapai 40 persen.

Baca Juga: UU Cipta Kerja Disahkan, Investor Global: Kami Khawatir Merusak Lingkungan

Sedangkan untuk jumlah investor asing yang berinvestasi di pasar saham Indonesia pada tahun ini kurang lebih 12 ribu pihak.

“Jadi sudah jelas bahwa pasar saham Indonesia tahun ini didominasi oleh investor lokal kalau kita lihat dari jumlah partisipan,” katanya.

Namun jika dilihat dari jumlah uang yang diinvestasikan, asing lebih mendominasi dikarenakan mata uang asing yang mereka bawa ke Indonesia memiliki nilai jika dikonversikan ke mata uang rupiah.