Find Us On Social Media :
3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bernegosiasi (Kompas.com)

Perlu Diketahui! 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bernegosiasi

Fernado Oktareza - Sabtu, 28 November 2020 | 21:10 WIB

Sonora.IDAktivitas menjual menuntut banyak keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang penjual. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang penjual adalah kemampuan negosiasi.

Tidak jarang kita melihat kesalahan yang seringkali terjadi dalam berbisnis dan imbasnya kerugian terhadap bisnis Anda adalah disaat Anda menyetujui begitu saja penawaran harga yang diberikan konsumen tanpa ada negosiasi di dalamnya.

Oleh karena itu, penting sekali mempelajari seni bernegosiasi guna mencapai win-win solution dengan konsumen.

Motivator dan Ice Breaker Number 1 Indonesia, Ferdi Kawi S.T., CPS C.T. NNLP menjelaskan terdapat tiga hal penting yang harus diperhatikan supaya negosiasi yang dilakukan berjalan sukses, diantaranya :

Baca Juga: Kenapa Seni Negosiasi itu Penting ? Berikut Penjelasannya

1. Penampilan

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh seorang negosiator saat melakukan negosiasi adalah memperhatikan penampilan. Apabila tampilan yang Anda kenakan di tubuh anda dimulai dari kepala hinga ke ujung kaki memiliki harga di atas rata-rata, maka ini akan berpengaruh terhadap proses negosiasi yang akan anda lakukan.

Lawan negoisasi anda tentunya tidak sungkan untuk menghargai Anda saat proses negosiasi, karena pada dasarnya yang mereka lihat terlebih dahulu adalah penampilan. Sebaliknya, dari tampilan anda saja tidak mencerminkan keseriusan anda saat ingin bernegosiasi, bukan tidak mungkin lawan negosiasi anda tidak sungkan untuk menekan anda saat negosiasi berlangsung.

Baca Juga: Berikut ini Upaya yang Harus Dilakukan dalam Tahapan Negosiasi