Find Us On Social Media :
Diet Purin, Panduan Pola Makan Sehat Untuk Penderita Asam Urat (Freepict.com)

Diet Rendah Purin, Panduan Pola Makan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Alifia Astika - Minggu, 20 Desember 2020 | 14:52 WIB

Sonora.ID - Penyakit asam urat adalah sebuah kondisi yang membuat daerah bersendian merasa nyeri yang tak tertahankan. Bahkan pada beberapa kasus akan mengalami pembengkakan dan diikuti adanya rasa panas di area persendian.

Untuk itu penyakit asam urat penting untuk sesegera mungkin ditangani. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menangani masalah ini adalah melakukan diet asam urat atau pola makan rendah purin.

Dengan bantuan diet rendah purin kadar asam urat dalam daran akan mengalami penurunan dan cenderung stabil.

Namun, menjaga pola makan yang pas dan menghindari pantangan asam urat bisa mencegah penyakit asam urat semakin mengganas.

 

Baca Juga: Hati-hati! Bercak Putih di Kuku Bisa Jadi Pertanda Penyakit Berbahaya

Dilansir dari Healthline, purin adalah zat yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Zat ini juga terkandung di beberapa makanan.

Pada dasarnya jumlah purin dalam batas wajar sebenarnya tidak menjadi persoalan. Hal tersebut baru akan menjadi masalah jika tubuh mengalami kelebihan jumlah purin.

Akibatnya purin dapat terurai menjadi asam urat dan bahkan membentuk kristal yang menumouk di persendian.

Hal itu bisa menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan. Nyeri sendiri akibat asam urat ini disebut gout. Sepertiga asam urat yang diproduksi tubuh berasal dari pemecahan purin yang berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi penderita.

Baca Juga: Ragam Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Yang Jarang Diketahui Orang