Find Us On Social Media :
Vaksin AstraZeneca ()

Vaksin Oxford-AstraZeneca Klaim Mampu Melawan Varian Baru Covid-19, Tapi Efektifnya Hanya 90%

Sienty Ayu Monica - Senin, 28 Desember 2020 | 12:30 WIB

Sonora.ID – Vaksin dengan merek AstraZaneca yang dikembangkan oleh perusahaan vaksin virus corona Oxford ini mengklaim bahwa vaksinnya mampu melawan jenis virus varian baru yang pertama kali ditemukan di Inggris.

Hal ini diungkap oleh Kepala Eksekutif Astra Zeneca, Pascal Soriot mengatakan dirinya memuji vaksin Astra Zeneca dan menyebutnya sebagai formula pemenang.

"Sejauh ini kami pikir vaksin harus tetap efektif. Tapi kami tidak bisa memastikan, jadi kami akan mengujinya," ujar Soirot dikutip dari Guardian (27/12/2020).

Baca Juga: Data Menunjukan Vaksin Sinovac Terbukti Efektif Tangani 91,25 Persen Atasi Covid-19

100 juta dosis dipesan Inggris

Hingga saat ini sudah ada sekitar 100 juta dosis vaksin Oxford-AstraZeneca yang sudah dipesan oleh Inggris.

Adapun sekitar 40 juta dosisnya akan tersedia pada akhir bulan Maret 2021. Sedangkan vaksin ini akan mulai diluncurkan secara massal mulai 4 Januari 2021.

Kendati demikian, juru bicara pemerintah mengatakan The Medicines and Healthcare Products Regulatory Agency (MHRA) atau Badan Pengaturan Produk Obat dan Kesehatan Inggris harus diberikan waktu untuk memeriksanya.

Baca Juga: Para Ahli Sarankan Masyarakat Tetap Kenakan Masker Meski Telah Disuntik Vaksin Covid-19, Ini Alasannya

“Regulator obat-obatan sedang meninjau data akhir dari uji klinis fase tiga Universitas Oxford-AstraZeneca untuk menentukan apakah vaksin tersebut memenuhi standar kualitas, keamanan dan keefektifan yang ketat,” kata juru bicara tersebut.

Seberapa ampuh vaksin Oxford-AstraZaneca?

Tentunya ada kekhawatiran akan vaksin Oxford yang diduga mungkin tidak sebaik dalam mencegah penyakit simptomatik seperti vaksin lain dari Pfizer.