Find Us On Social Media :
Lokawisata Baturraden ()

Destinasi Wisata Kuliner Aneka Soto di Jawa Tengah yang Wajib Dicoba

Iyeng Veda - Jumat, 5 Februari 2021 | 20:13 WIB

Semarang, Sonora.ID - Soto merupakan makanan yang popular di Indonesia dengan ragam cita rasa khas tiap-tiap daerah tersebar di nusantara. Sup dengan kuah hangat nan gurih ini terbuat dari campuran kaldu daging asli dan rempah-rempah beraroma khas.

Tiap-tiap  daerah di Indonesia memiliki sajian soto khasnya masing-masing. Mulai dari isian sayur, daging, bumbu, hingga topping pelengkap yang berbeda-beda dari sajian soto daerah. Namun tak hanya itu, soto di berbagai daerah juga memiliki nama ‘panggilan’ yang berbeda dan unik.

Provinsi Jawa Tengah sendiri ada ragam kuliner soto yang kaya akan rasa. Berikut rekomendasi kuliner lezat berkuah di Jawa Tengah yang bisa anda cicipi.

Baca Juga: Wisata Kuliner Es Brasil Khas Purwokerto Yang Melegenda

Soto Semarang

Menurut penulis Dennys Lombard (Nusa Jawa: Silang Budaya), jelas ditulis dibuku tersebut asal mula Soto adalah makanan Cina bernama Caudo, pertama kali populer di wilayah Semarang. Dari Caudo lambat laun menjadi Soto

Untuk karakteristik soto ala Semarang yaitu berkuah bening, menggunakan soon atau bihun, dan menambahkan potongan tomat segar di dalamnya.

Soto Semarang terkenal memiliki kuah bening dari kaldu ayam kampung. Rasa kuahnya tidak berat, sehingga cocok disantap dengan aneka sate atau gorengan.

Baca Juga: Wisata Kuliner Khas Solo, 4 Jajanan Legendaris Nikmat yang Mulai Langka