Find Us On Social Media :
Ilustrasi aplikasi Clubhouse (https://www.vox.com/)

Ini Alasan Media Sosial Clubhouse Digandrungi oleh Banyak Pengguna!

Sienty Ayu Monica - Selasa, 23 Februari 2021 | 12:30 WIB

Sonora.ID – Aplikasi media sosial yang berbasis audio, Clubhouse belakangan ini menjadi sangat populer di kalangan para pengguna iPhone.

Aplikasi Clubhouse ini adalah buatan Paul Davidson dan Rohan Seth yan g baru dirilis pada April 2020 lalu. Aplikasi ini meroket setelah Elon Musk selaku CEO Tesla dan Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook menggunakan aplikasi tersebut.

Sebenarnya, aplikasi media sosial yang berbasis audio ini bukanlah sesuatu yng baru, ada berbagai platform lainnya yang memiliki fungsi serupa, misalnya Discord, WhatsApp, dan Line.

Lantas, mengapa hanya aplikasi Clubhouse yang populer?

Baca Juga: Berikut Ini Cara Membuat Akun Clubhouse, Aplikasi Berbasis Audio yang Lagi Ngehits!

Melansir dari Tekno.kompas.com, Pengamat Media Sosial, Eno Bening menjelaskan penyebabnya. Menurutnya, aplikasi Clubhouse ini mampu memberikan pengalaman unik dan berbeda bagi para penggunanya.

Selain itu, menurutnya aplikasi ini juga dirancang seringkas mungkin, sehingga pemakaian aplikasi tersebut lebih praktis dibandingkan dengan media sosial lainnya.

"Clubhouse itu benar-benar tidak ada fitur percakapan (chat), jadi pengguna bisa fokus mendengar (konten)," ujar Eno kepada KompasTekno, Kamis (18/2/2021).

"Clubhouse juga tidak ada fitur video, jadi pengguna tidak perlu repot menampilkan wajah. Mereka hanya cukup meletakkan smartphone untuk menggunakan aplikasi tersebut," imbuh Eno.