Find Us On Social Media :
Pembawa acara Explore Indonesia, Kamga, berada di Pantai Gigi Hiu, Lampung. ((Dok. KOMPAS TV))

10 Destinasi Wisata Alam di Lampung yang Tak Boleh Dilewatkan Kala Berkunjung

Alifia Astika - Selasa, 23 Februari 2021 | 14:23 WIB

Sonora.ID - Biasanya seseorang yang ingin berlibur dan menikmati wisata alam akan langsung terpikir untuk mengunjungi pulau jawa seperti Semarang, Yogyakarta, Dieng, Batu hingga Pacitan.

Namun taukah Anda, selain destinasi wisata tersebut Indonesia juga memiliki Lampung yang memiliki pemandangan alam yang tak kalah menarik.

Ada berbagai wisata alam yang menantang, indah hingga berkesan di Lampung yang jarang diketahui oleh publik.

Penasaran, apa saja destinasi wisata alam yang dapat Anda kunjungi di Lampung?

Simak selengkapnya, berikut 10 destinasi wisata alam yang dapat Anda kunjungi di Lampung:

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata yang Cocok Untuk Berbulan Madu dengan Pasangan

1. Air Terjun Curug Tujuh 

Air terjun ini berada di kawasan hutan lindung tepatnya terletak di Desa Marga Jaya, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah.

Air Terjun Curug Tujuh merupakan salah satu destinasi alam yang masih asri dan jarang dikunjungi.

Curug Tujuh memiliki tujuh undakan dengan ketinggian mencapai 75 meter.

Bentuk air terjun yang cantik dengan aliran air yang terjun dengan deras, sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang instagramable.

Baca Juga: Destinasi Wisata Kuliner Tahu Bakso, Oleh-Oleh Khas Kota Ungaran

Mengunjungi air terjun ini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis, namun harus menjaga keselamatan mengingat medan yang sulit.

2. Kawah Suoh

Salah satu destinasi wisata yang cukup unik adalah Kawah Suwoh. Uniknya laigi disana Anda tidakperlu membayar tiket masuk untuk  dapat menikmati keindahan Kawah Suwoh.

Pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat ini harus ditemani oleh pemandu. Selain itu untuk dapat mengunjungi kawah pengunjung harus sewa motor trail,

Adapun harga sewa motor tersebut mencapai Rp 50.000-Rp100.000.

Kawah Suoh merupakan kaldera gunung berapi yang masih aktif mirip dengan yellowstone di Amerika Serikat, dengan luas 128 km persegi dan geothermal cukup tinggi.

Kawah Suoh menawarkan panorama alam yang menakjubkan dengan asap yang mengepul. Pengunjung akan mendapati Danau Asam, dan pengunjung dapat menyusuri danau dengan menyewa perahu yang muat untuk 12 orang.

destinasi Baca Juga: 6 Destinasi Wisata yang Cocok Untuk Menenangkan diri di Yogyakarta

Setelah itu, pengunjung akan melewati pasir kuning, melewati sabana yang hijau dengan penuh ilalang. Kemudian akan mencapai Keramikan, sebuah tempat berupa lantai endapan sulfur yang memiliki ketebalan hanya sekitar 20 cm. 

3. Pulau Balak 

Pulau Balak adalah sebuah pulau tak berpenghuni dan memiliki hamparan pantai berpasir putih dengan suasana yang menenangkan.

Pulau ini merupakan salah satu pulau kecil di Teluk Pidada, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran.

Serasa pulau pribadi, pengunjung bisa berenang di pantai, snorkeling, atau sekadar bersantai sambil menikmati camilan yang dibeli di warung sekitar atau membawanya dari rumah.

Untuk memasuki pulau ini tidak ada biaya masuk, namun biasanya pengunjung dapat membayar seikhlasnya kepada pengurus pulau.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Romantis yang Ada di Yogyakarta, Jawa Tengah

Jika ingin ke pulau ini bisa dengan menaiki kapal kapasitas 15 orang dengan harga berkisar Rp 250.000, atau speedboat kapasitas 5-6 orang dengan harga berkisar Rp 300.000-Rp 400.000.