Find Us On Social Media :
Apa Itu Kencing Manis? Apa Bedanya dengan Diabetes? Ini Jawaban Dokter (freepik)

Apa Itu Kencing Manis? Apa Bedanya dengan Diabetes? Ini Jawaban Dokter

Prameswari Sasmita - Rabu, 17 Maret 2021 | 17:30 WIB

Sonora.ID - Diabetes adalah kondisi ketika kandungan gula dalam darah berlebihan yang bisa diketahui hanya dengan melakukan tes darah di lab.

Sering kali dikaitkan dengan diabetes, banyak masyarakat yang menganggap bahwa kencing manis adalah nama lain dari diabetes dengn kondisi yang sama persis.

Sebenarnya apakah teori tersebut benar? Dr. Herry Nursetiyanto dari Mayapada Hospital menjelaskan dalam program Sonora Talkshow di Radio Sonora FM.

Baca Juga: 9 Gejala Umum Kencing Manis yang Sering Diabaikan Penderitanya

Pihaknya menyatakan bahwa kencing manis adalah kondisi ditemukannya kandungan gula dalam cairan urine yang biasanya membuat kecing tersebut dikerubungi oleh semut.

“Sebenarnya muncul karena memang dalam urine itu ditemukan kadar gula yang harusnya tidak ada. Ditemukan di urine dan cukup terdeteksi, bahkan kalau di daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan, pasien itu bilang kalau buang air kecil dirubungi semut,” ungkap dr. Herry menjelaskan.

Ketika dites memang di dalam urine tersebut terdapat gula darahnya, kondisi inilah yang kemudian dikenal dengan sebutan kencing manis.

Baca Juga: 8 Gejala Awal Diabetes yang Perlu Diwaspadai, Kenali Sejak Dini!