Find Us On Social Media :
Di Atas Bukit Kapur, Nikmati Keindahan Alam Gua Petruk di Kebumen (Kompas.com)

Di Atas Bukit Kapur, Nikmati Keindahan Alam Gua Petruk di Kebumen

Christian Penu Kaharap - Kamis, 25 Maret 2021 | 18:30 WIB

Semarang, Sonora.ID - Wisata Alam di Indonesia tidak ada habisnya untuk di explore, salah satu daerah yang banyak menawarkan destinasi wisata alam berada di Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Kebumen.

Selain banyaknya pantai yang berjajar di Kabupaten Kebumen, daerah yang terletak di selatan pulau Jawa ini juga menyuguhkan keindahan alam berupa gua, salah satunya Gua Petruk.

Gua Petruk sendiri berada di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Baca Juga: Rekomendasi Gua Terindah di Nusantara, Gua Petruk Harus Masuk Rekomendasimu!

Terletak di atas bukit kapur setinggi 75 meter, dan letak lokasinya sendiri tidak jauh dari pantai Ayah. Keindahan alam Gua Petruk sendiri sudah terdengar hingga luar pulau Jawa, bahkan hingga mancanegara sehingga tidak heran apabila banyak sekali penggunjung yang ingin menikmati pesona dari gua ini.

Nama gua ini sangat identik dengan dunia perwayangan, yakni Punokawan. Petruk digambarkan sebagai sosok dengan hidung yang panjang.

Gua ini dinamakan Gua Petruk karena disalah satu bagian gua terdapat bebatuan panjang yang dianggap menyerupai hidung Petruk, oleh karena itu gua ini dinamakan Gua Petruk. Sayangnya, saat ini bebatuan panjang yang menyerupai hidung Petruk tersebut sudah tidak ada, dikarenakan pihak Belanda melakukan penambangan fosfat.

Baca Juga: Goa Pancur Pati, Wisata Perut Bumi yang Belum Banyak Diketahui Orang: