Find Us On Social Media :
Indeks penjualan bulanan ritel. (Emtrade)

Momen Ramadan dan Lebaran, Asa bagi Emiten Ritel?

Ellen May Institute (EMtrade) - Selasa, 20 April 2021 | 12:10 WIB

Sonora.ID - Bank Indonesia merilis indeks perdagangan ritel di Februari 2021, mulai menunjukan perbaikan di bulan Februari.

Indeks Penjualan Riil (IPR) Februari 2021 tumbuh -2.1% mtm, membaik dari bulan Januari 2021 yang tumbuh -4.3% mtm. Perbaikan diproyeksikan berlanjut di bulan Maret, tumbuh 2.9% mtm di level 182.3, naik dibanding Februari 177.1.

Jika kita lihat berdasarkan historinya, indeks penjualan ritel di bulan puasa dan lebaran menunjukan peningkatan. Kecuali tahun lalu yang terdampak pembatasan akibat pandemi Covid-19. Maka dari itu, harapan muncul di tahun ini kinerja ritel lebih baik dibanding tahun 2020.

 

Bulan Ramadhan memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap penjualan perusahaan ritel terutama yang memiliki bisnis penjualan pakaian atau lifestyle.

Hal ini dilihat dari rata-rata pertumbuhan penjualan emiten LPPF, MAPI, dan RALS yang lebih tinggi di kuartal-II dibandingkan kuartal lainnya. Selain itu, kontribusi penjualan di kuartal-II terhada total penjualan juga cukup signifikan yaitru sebesar 34-%52%.

Wajar kuartal-II menjadi kontributor pendapatan terbesar karena sepanjang tahun 2016-2019, bulan Ramadhan dan atau Hari Raya Idul Fitri jatuh di kuartal-II.