Find Us On Social Media :
Swab PCR pekerja migran Indonesia. (Tribun Kaltim)

Kembali ke Indonesia, 200 TKI dari Malaysia Positif Covid-19

Kumairoh - Selasa, 4 Mei 2021 | 12:04 WIB

Sonora.ID - Menjelang larangan mudik, banyak tenaga kerja Indonesia yang justru kembali ke Tanah Air. Bahkan, tidak sedikit di antara mereka dinyatakan positif Covid-19.

Melansir Kompas.com, setidaknya 1.400 TKI dipulangkan ke Indonesia melalui Batam dan Tanjungpinang. Ankga tersebut dihitung sejak Januari hingga April 2021.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kepri yang juga Sekda Kepri Tengku Said Arif Fadillah mengatakan, pihaknya telah melakukan tes PCR kepada seluruh pekerja migran saat memasuki Indonesia.

Baca Juga: Dapat 100 Ribu Dosis, Vaksinasi Massal Sasar 11 Desa di Denpasar

"Dari 14.000 pekerja migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan ke Tanah Air melalui Batam dan Tanjungpinang pada Januari-April 2021, sebanyak 200 orang di antaranya terinfeksi Covid-19. Ini terungkap berdasarkan hasil pemeriksaan tes usap dengan metode PCR terhadap PMI yang baru tiba di Batam," ujar Tengku Said Arif Fadillah seperti dilansir dari Kompas.com, Selasa (4/5/2021).

Saat ini, lanjutnya, sebanyak 200 TKI yang positif Covid-19 sedang dirawat di RSKI Covid-19 Pulau Galang, Batam. Beberapa di antaranya tidak mengalami gejala.

Arief mengatakan, kedatangan TKI melalui Kepri bukan hanya menimbulkan kekhawatiran membawa virus covid-19, melainkan juga menambah beban bagi keuangan daerah.

Baca Juga: Target Gebyar Pekan Vaksinasi Covid-19 Tak Tercapai, Kadinkes Banjarmasin : Memangnya Gampang