Find Us On Social Media :
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Freepik)

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Lancar, Ekonomi Dinilai Makin Positif

Ellen May Institute (EMtrade) - Selasa, 8 Juni 2021 | 17:41 WIB

Sonora.ID - Sudah tiga minggu sejak lebaran kasus positif Covid-19 kita tidak naik terlalu signifikan dibandingkan dengan sebelum lebaran.

Apakah vaksinasi kita sudah berhasil?
Progress vaksinasi Indonesia per 1 Juni 2021 sudah mencapai 17juta dosis lengkap atau sebesar 6,2% dari total populasi di Indonesia.

Hal yang menggembirakan vaksinasi Tenaga Kesehatan tahap 1 sudah 100% dan tahap 2 sudah 96%, disusul dengan petugas publik tahap 1 mencapai 69%, Namun untuk vaksinasi lansia masih cukup lambat karena baru mencapai 15% dari total target untuk tahap 1.

Baca Juga: Sinovac dan Sinopharm Mendapatkan Izin Penggunaan Dari WHO

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia masih lebih baik jika dibandingkan dengan negara berkembang ASEAN lainnya.

Berdasarkan data Bloomberg per 1 Juni 2021 penerima vaksin Covid-19 tahap 1 Indonesia sudah 6,2% diatas Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam mengawasi penggunaan vaksin Covid-19 menerbitkan izin Emergency Use Listing (EUL). Izin ini digunakan sebagai prasyarat untuk penyediaan vaksin dalam COVAX Facility, yaitu sebuah program untuk mengirimkan dan mendistribusikan vaksin Covid-19 bagi negara berkembang dan miskin yang digagas WHO.