Find Us On Social Media :
Illustrasi kucing (Pixabay)

Masih Bisa Diselamatkan? Ini 7 Tanda Kucing Mau Mati yang Wajib Diketahui Pemiliknya

Dita Tamara - Rabu, 9 Juni 2021 | 10:30 WIB

Sonora.ID - Kucing yang sudah tua memang sangat rentan untuk memiliki berbagai penyakit yang berkaitan dengan organ dalam mereka, seperti penyakit ginjal hingga kanker.

Maka dari itu, penting untuk dari kamu juga melakukan pemeriksaan (check up) berkala ke dokter hewan untuk memastikan kesehatan hewan peliharaanmu.

Karena bukan tidak mungkin kalau penyakit tersebut masih bisa ditangani dan umur kucing masih bisa bertahan lebih lama lagi.

Untuk itu, beberapa tanda kucing mau mati penting untuk diketahui pemiliknya agar dapat memberikan perawatan terbaik meski di sisa-sisa hidupnya. Apa saja tandanya? Merangkum dari beberapa sumber, simak ulasannya berikut ini:

Baca Juga: 5 Artis yang Pelihara Kucing Mahal, Milik Rachel Vennya Seharga Mobil

Bersembunyi

Tanda kucing mau mati yang perlu diketahui pemiliknya yakni mereka akan sering bersembunyi. Hal ini menandakan jika ada penyakit pada kucing, tetapi sulit untuk didefinisikan.

Mereka juga akan meningkatkan persembunyiannya, seperti bersembunyi di tempat baru dan tidak ingin keluar, meski makan sekalipun.

Penurunan Berat Badan

Tanda kucing mau mati yang perlu diwaspadai yaitu penurunan berat badan yang sangat ekstrem. Hal ini seringkali disebabkan oleh kehilangan otot yang normal.

Seiring bertambahnya usia kucing, tubuhnya menjadi kurang efisien dalam mencerna dan membangun protein, menyebabkannya kehilangan massa otot.

Seiring waktu, penurunan berat badan bisa menjadi ekstrem. Beberapa kucing tua atau sakit bisa menjadi sangat kurus, dengan tulang rusuk, tulang belakang, dan tulang pinggul menonjol di bawah kulitnya.

Baca Juga: Bisa Mati, Jangan Mandikan Anak Kucing yang Baru Berusia 2 Bulan Begini Cara Tepat Membersihkannya