Find Us On Social Media :
Dr. dr Iche Andriani Liberty, Ahli Epidemiologi dari Unsri ()

Ahli Epidemiologi Beberkan Penyebab Meningkatnya Kasus Covid-19 Akhir-akhir ini

Jati Sasongko - Sabtu, 26 Juni 2021 | 18:50 WIB

Palembang, Sonora.ID – Lonjakan kasus postif Covid-19 terjadi dimana-mana. Kekhawatiran kita adalah dibarengi dengan tingkat keterisian tempat tidur yang semakin kritis. Tentu kita berharap hal itu tidak terjadi terutama di Sumatera Selatan.

Dr. dr Iche Andriani Liberty, Ahli Epidemiologi dari Unsri kepada Sonora (26/06/2021) mengatakan bahwa kasus aktif dalam bulan ini luar biasa peningkatannya mencapai 8 % lebih dibanding sebelumnya yang berada dikisaran 5 %.

“Beberapa hal penyebab peningkatan kasus aktif, pertama karena virus corona bermutasi. Varian delta mempunyai daya tular yang lebih tinggi." Ujarnya.

Baca Juga: Vaksinasi Gotong Royong Muba Beri Jatah 16.100 Dosis Vaksin Warga

"Kedua karena masyarakat lalai prokes, masyarakat ada kejenuhan dalam mendisiplinkan diri dari prokes, ditambah mobilitas yang meningkat. Banyak event seperti mudik, lebaran, puasa memicu peningkatan mobilitas." Imbuh dr Iche.

"Belum lagi penerimaan anak sekolah juga memicu peningkatan mobilitas. Juga vaksinasi yang belum maksimal sehingga belum tercapainya herd imunity atau kekebalan kelompok. Yang menyedihkan lagi adalah tidak hanya kasus positif yang bertambah, tapi kematian juga meningkat,” tambah dia.

Pemerintah sebenarnya sudah membuat berbagai macam skenario mulai dari larangan mudik, penyekatan, PPKM mikro harnya saja implementasinya dilapangan tidak optimal sehingga terjadi peningkatan kasus positif Covid-19.