Find Us On Social Media :
Rio Waida (Tribunnews.com)

Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, Peselancar Berdarah Jepang Bawa Merah Putih

Prameswari Sasmita - Jumat, 23 Juli 2021 | 18:15 WIB

Sonora.ID - Setelah diundur dan ditunda beberapa kali karena adanya pandemi virus corona, akhinya Olimpiade Tokyo 2020 resmi dibuka hari ini dan disiarkan sore ini pada pukul 18.00.

Acara tersebut digelar di Olympic Stadium yang dibuka dengan pembawaan bendera-bendera dari negara-negara yang terlibat dalam ajang olahraga tersebut.

Sebagai pembawa Sang Merah Putih, peselancar Indonesia yang memiliki keturunan atau darah Jepang, Rio Waida akan menjadi bagian dalam Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020 tersebut, bahkan dirinya ada di urutan paling depan.

Baca Juga: Jepang Undur Olimpiade Tokyo hingga Tahun 2032, Pemerintah: Tidak Benar!

Setelah Rio di posisi paling depan, kemudian disusul oleh lifter nasional Nurul Akmal dan perenang Aflah Fadlan Prawira serta Azzahra Permatahani.

Tak hanya atlet kebangaan Nusantara, beberapa pelatih juga turut terlibat dalam parade negara di acara pembukaan tersebut.

Pemilihan Rio Waida sebagai pembawa bendera Merah Putih bukan tanpa alasan, atlet yang memiliki darah keturunan Jepang ini dianggap mampu meningkatkan perhatian dan antusias warga Jepang terhadap ajang olahraga tersebut.

Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia atau KOI, Ferry  J Kono yang dikutip dari Kompas.com, pihaknya menyatakan bahwa Rio Waida diharapkan bsia menarik perhatian masyarakat lokal.

Baca Juga: Jepang Akan Kehilangan Rp168 Triliun Jika Batalkan Olimpiade 2020 Karena Corona