Find Us On Social Media :
Salah satu aset pemkot yang dijadikan Rumah Sehat di Jalan Nias 110 Surabaya ()

Siapkan Rumah Sehat, Tokoh Masyarakat Bantu Pemerintah Kota Surabaya

Budi Santoso - Senin, 26 Juli 2021 | 12:45 WIB

Surabaya, Sonora.ID - Beberapa tokoh masyarakat di Kota Pahlawan menyatakan dukungan dan kesiapannya membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan rumah sehat.

Dukungan ini sebagai bentuk keinginan kuat warga membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19 di masing-masing wilayahnya. Dukungan inipun dimanifestasikan dengan menyediakan rumah-rumah sehat di beberapa wilayah kelurahan Surabaya.

Salah satunya, dukungan ini disampaikan langsung oleh Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama Kelurahan Gubeng, Kecamatan Gubeng, Surabaya.

Tokoh Agama sekaligus Ketua Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM), Kelurahan Gubeng, Chusaini menjelaskan, awalnya warga menolak wilayahnya dijadikan rumah sehat. Namun, penolakan ini bukan berarti menolak program rumah sehat, tapi karena pemilihan lokasinya yang berada di SDN Gubeng I/204.

Baca Juga: Pemprov Sumsel Siapkan Rumah Sehat Covid-19 di Jakabaring Sport City

"Intinya, kampung mereka tidak mau ditempati untuk isolasi. Salah satunya karena faktor ketakutan," kata Chusaini, saat ditemui di rumah sehat Jalan Nias No.110 Surabaya, Minggu (25/07/2021).

Menurutnya, penolakan ini karena lokasi rumah sehat yang awalnya dipilih berada di SDN Gubeng I/204 yang berada di tengah perkampungan padat penduduk. Apalagi akses keluar masuk untuk kendaraan juga dinilai kurang mendukung. Karenanya, warga kemudian mengajukan beberapa opsi tempat lain untuk dijadikan rumah sehat.

"Kemudian warga sepakat mengajukan SMPN 6 Surabaya, tapi peraturan pemkot SMP tidak boleh. Terus warga mengajukan,  agar lokasinya di gedung yang dipakai fasilitas olahraga," ungkapnya.

Baca Juga: Darurat Pandemi, Pemkot Surabaya Mulai Operasionalkan RSD GOR GBT