Find Us On Social Media :
Komunitas Jurnalis Penyintas Covid 19, Gagas Aksi Donor Plasma Konsvalesen ()

Komunitas Jurnalis Penyintas Covid 19, Gagas Aksi Donor Plasma Konsvalesen

Gerard Mampuk - Rabu, 25 Agustus 2021 | 22:00 WIB

Manado, Sonora.ID - Sempat terpapar covid-19 saat menjalankan peliputan berita, sejumlah jurnalis penyintas covid-19 di kota Manado menggagas aksi sosial donor darah konvalesen massal.

Dengan status penyintas covid-19, para jurnalis kemudian membentuk komunitas dan mendatangi unit transfusi darah RSUP Profesor Kandou, dengan tujuan menjadi pendonor konvalesen bagi pasien covid-19 yang membutuhkan.

Setelah mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan untuk memenuhi syarat sebagai pendonor konvalesen,  para jurnalis dijadwalkan secara bertahap untuk menjalani donor plasma, menggunakan dua unit mesin apheresis.

Baca Juga: Polda Kalsel Gelar Pengambilan Sampel Donor Plasma Konvalesen

Inisiatif mendonorkan plasma darah dilakukan para jurnalis, karena  kasus covid-19 di Sulawesi Utara masih tergolong tinggi.

“  Tergerak mendonorkan plasma darah, karena melihat penderita covid 19 yang begitu tinggi saat ini, semoga apa yang kami lakukan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan plasma darah konvalesen, “ kata pendonor plasma Dimas Prasetyo Koesnan, di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (24/8/2021)

Sebagai terapi alternatif, donor plasma diharapkan bisa membantu kehidupan penderita covid-19 yang sedang berjuang untuk sembuh.

Baca Juga: Kenali Parosmia, Gejala Covid-19 Terbaru Berikut Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya