Find Us On Social Media :
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Tangkapan Layar)

Presiden RI Joko Widodo Terima Kunjungan Menteri Perdagangan Uni Emirat Arab

Dorothea Agatha - Jumat, 3 September 2021 | 14:05 WIB

Sonora.ID - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Negara Urusan Perdagangan Luar Negeri Persatuan  Uni Emirat Arab Thani bin Ahmed Al Zeyoudi, Jumat (03/09/2021).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan kunjungan menteri perdagangan UEA ke Indonesia tersebut utamanya adalah dalam rangka bersama Menteri Perdagangan Indonesia meluncurkan Indonesia – UAE Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

Retno menyampaikan dalam pertemuan tersebut Presiden mengatakan kunjungan ini diharapkan dapat memberikan nilai strategis dan mencerminkan komitmen kedua negara untuk meningkatkan perdagangan dalam rangka pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kawasan Kebagusan Dihebohkan Dengan Mural 'Menyentil' yang Diduga Sindir Sosok Jokowi

“Tentunya Presiden menyampaikan pertama ucapan selamat datang dan Presiden menyampaikan bahwa tidak mudah di saat pandemi ini mengatur perjalanan ke luar negeri ke luar negeri,” kata Retno secara virtual, Jumat (03/09/2021).

Menurutnya, Presiden menyambut  baik peluncuran kerjasama antar negara ini dan diharapkan dapat dilakukan dan diselesaikan dalam waktu kurang dari 1 tahun.

Diketahui bahwa saat ini, nilai perdagangan antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab baru mencapai 2.9 miliar dolar Amerika Serikat.  Sehingga, melalui perundingan perjanjian kerjasama kemitraan ekonomi secara komprehensif ini, presiden berharap nilai perdagangan dengan UEA dapat ditingkatkan 2 hingga 3 kali lipat dari nilai saat ini.

Baca Juga: Jokowi Imbau Pemda Gencar Lakukan Vaksinasi bagi Pelajar Jelang PTM