Find Us On Social Media :
Perawat di Isoter saat mengantarkan makanan ke pasien isoman (Smart FM Banjarmasin / Juma)

Update Isoter Baiman: Satu Keluar Dua Masuk, Oksigen Konsentrator Akhirnya Tiba

Jumahudin - Kamis, 9 September 2021 | 11:15 WIB

Banjarmasin, Sonora.ID - Setelah sempat dipertanyakan awak media, lima unit oksigen konsentrator akhirnya ditempatkan di gedung Isolasi Terpusat (Isoter) Baiman.

Dari total 20 unit oksigen konsentrator, gedung Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) di jalan Batu Besar itu kebagian lima unit. Sedangkan sisanya, berada di RSUD Sultan Suriansyah. 

"Kemarin (Selasa 7 September, red) sepulangnya awak media memantau isoter alat itu datang," ucap Koordinator Perawat di Isoter Baiman, Irwandi, kepada Smart FM saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Irawandi menjelaskan, oksigen konsentrator itu langsung bisa digunakan apabila nantinya kondisi kesehatan pasien di Isoter tiba-tiba memburuk.

Baca Juga: Isoter di Banjarmasin Sepi, Oksigen Konsentrator Jika Hanya Diperlukan

"Alat tersebut bisa menjadi alternatif, apabila sewaktu-waktu ada pasien yang merasa kekurangan oksigen, sembari menunggu penanganan medis secara intensif," tambahnya lagi.

Di sisi lain. Irwandi mengatakan, bahwa ada tambahan dua orang pasien laki-laki yang masuk dan  menjalani perawatan di Isoter.

"Jadi, sekarang ini ada dua pasien baru yang mendiami isoter," ungkapnya. 

Sementara satu pasien perempuan sebelumnya telah pulang ke rumahnya, karena ingin menjalani isolasi mandiri di rumah pribadi.

"Yang bersangkutan ingin menjalani isoman di rumahnya, karena merasa sudah tua dan merasa sendirian di kamarnya. Kami, di sini tak bisa berbuat banyak selain mengizinkan," ucapnya. 

Baca Juga: Evaluasi Penanganan Pandemi, Penerapan 3 T dan Optimalisasi Isoter Masih Jadi Fokus Penanganan Covid-19 di Kota Denpasar