Find Us On Social Media :
Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya (Fernado Oktareza)

Akhir Tahun ini, Proyek Tanjung Carat Ditargetkan Mulai Dibangun

Fernado Oktareza - Senin, 20 September 2021 | 17:50 WIB

Palembang, Sonora.ID - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memastikan pembangunan pelabuhan laut dalam Tanjung Carat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ditargetkan mulai berjalan akhir tahun 2021.

Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya mengungkapkan kepastian tersebut setelah diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres), termasuk pendanaan yang dialokasikan sekitar Rp 300 miliar untuk ground breaking Pelabuhan Tanjung Carat.

“Kedepannya kita harapkan pembangun pelabuhan samudra yang baru akan segera dilakukan. Insha allah ground breakingnya dicanangkan akhir-akhir tahun ini,” kata Mawardi, Sabtu (18/09).

Baca Juga: Bupati Dodi Reza Wajibkan Perusahaan Serap Tenaga Kerja Lokal, Diapresiasi Warga

Menurut Mawardi, Pemerintah Daerah akan terus mendorong dan memastikan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat yang sudah mandek puluhan tahun itu agar segera terealisasi.

Untuk sementara ini,lanjutnya, pelabuhan bongkar muat di Boom Baru dinilai masih mampu mendukung lalu lintas pengiriman barang meski sebenarnya masih ada beberapa persoalan.

Mawardi berharap, keberadaan Tanjung Carat nantinya akan berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi Sumsel.

“Tentunya kita berdo'a pelabuhan (Tanjung Carat) segera terwujud untuk kemajuan ekonomi kita. Meskipun kita tahu banyak provinsi lain yang pelabuhannya lebih bagus. Kalau Palembang, Sumsel tidak banyak bisa bicara, sejak awal dibangun sampai sekarang belum ada perubahan, tapi kita harap pelabuhan Tanjung Carat ini dapat berbicara banyak di kancah nasional," tutupnya.