Find Us On Social Media :
Dian Sastro dan Candra Darusman ()

Candra Darusman dan Dian Sastro: Berkarya untuk Hak Cipta Seniman Indonesia

Rizzah Aulifia - Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:10 WIB

Sonora.ID - Hak cipta merupakan bentuk hak yang seringkali kita langgar karena adanya dorongan untuk memenuhi kebutuhan daya rasa terhadap seni.

Meskipun seni yang dihasilkan dari berbagai seniman telah bertahun-tahun menghibur jutaan pasang mata dan telinga, di balik itu semua banyak para seniman yang bersedih karena hak ciptanya direnggut melalui pembajakan oleh oknum-oknum.

Berangkat dari permasalahan ini, musisi legendaris Candra Darusman dan aktris Dian Sastro berupaya menggalakkan kampanye hak cipta seniman Indonesia melalui rilis kolaborasi antar keduanya yang bertajuk 'Perjumpaan Kita'.

Baca Juga: Junjung 'Passion with Purpose', Candra Darusman dan Dian Sastro Ingatkan Pentingnya Hak Cipta Lewat Lagu 'Perjumpaan Kita'

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh keduanya dalam siaran Radio Sonora 'Perjumpaan Kita Bersama Candra Darusman dan Dian Sastrowardoyo' pada 27 Oktober lalu. 

"Sebetulnya karya ini dimaksudkan untuk mengingatkan pentingnya respek terhadap karya," ujar Candra. 

Meskipun keduanya sama-sama berkecimpung di dunia seni namun dalam jenis yang berbeda, Dian dan Candra menegaskan perbedaan itu lah yang ingin mereka tonjolkan sebagai upaya mengumandangkan pentingnya hak cipta.

"Bukan berarti aku mau beralih profesi sebagai penyanyi, atau aji mumpung gitu..." ujar Dian.