Find Us On Social Media :
Ilustrasi Sakit Kepala (https://www.freepik.com/)

Badan Pegal dan Kepala Pusing Tanda Kolesterol Tinggi? Ini Kata Dokter

Prameswari Sasmita - Jumat, 29 Oktober 2021 | 13:30 WIB

Sonora.ID - Kolesterol adalah kadar lemak di dalam darah yang sebenarnya memiliki banyak fungsi dalam tubuh manusia ketika jumlahnya sesuai, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak.

Segala sesuatu yang baik, akan menjadi tidak baik ketika jumlahanya sudah terlampau banyak, termasuk dengan kehadiran kolesterol atau lemak di dalam darah tersebut, yang ketika jumlahnya banyak bisa menyebabkan berbagai masalah.

Beberapa tanda yang kerap dikaitkan dengan kadar kolesterol tinggi adalah badan terasa pegal hingga kepada terasa kencang atau pusing.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Berikut Mitos dan Fakta tentang Kolesterol

Namun, dalam program Health Corner di Radio Sonora FM, dr. Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia menegaskan bahwa teori tanda-tanda kolesterol tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar.

“Mitos (kolesterol naik pasti menyebabkan pusing dan badan pegal), pasalnya peningkatan kadar kolesterol di dalam darah tersebut tidak selalu menunjukkan gejala. Sering kali, sebagian besar, tidak ada gejalanya,” tegas dr. Santi memaparkan.

Jadi, keluhan badan pegal dan kepala pusing belum tentu adalah tanda dari kolesterol yang meningkat, karena kolesterol tinggi kerap kali tidak menunjukkan gejala.

Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah?

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Orang Kurus Terbebas dari Penyakit Kolesterol?